Sabtu, 27 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Senin, 20 Agustus 2018 | 14:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mulai November mendatang, WhatsApp akan menggratiskan backup atau cadangan riwayat percakapan dan media ke Google Drive.

Meski sebelumnya, WhatsApp tidak memungut biaya untuk cadangan riwayat percakapan ke akun Google, namun riwayat yang tersimpan akan mengambil kuota gratis dari Google Drive.

Selama ini pengguna Android yang mengaktifkan akun Google-nya akan mendapat kuota gratis di Google Drive sebesar 15 GB.

Google dan WhatsApp baru-baru ini mengadakan kerja sama mengenai hal tersebut, maka semua backup riwayat percakapan kamu di WhatsApp tidak akan mengambil kuota 15 GB tersebut.

Riwayat penyimpanan WhatsApp. (gizbot.com)

Seperti yang tertulis di situs FAQ WhatsApp ''Mulai 12 November 2018, cadangan WhatsaApp tidak akan lagi menggunakan kuota penyimpanan Google Drive. Selain itu, cadangan WhatsApp yang belum diperbarui selama lebih dari satu tahun akan dihapus secara otomatis dari penyimpanan Google Drive''.

Kalian juga harus ingat, jika semua data chat, foto dan video yang dicadangkan tidak lagi terlindungi oleh enkripsi.

Hal tersebut juga berlaku pada jangka waktu penyimpanan, Google Drive tidak akan menyimpan data riwayat percakapan kamu selamanya lho.

Seperti yang dilansir dari laman Indian Express, semua data yang berumur lebih dari setahun akan terhapus secara otomatis, sehingga pihak WhatsApp sendiri menghimbau untuk mencadangkan percakapan secara manual sebelum 30 Oktober 2018 mendatang.

Sebelum mencadangkan semua riwayat pesan yang ada di WhatApp kamu, ada baikknya pastikan dulu akun Google kamu dalam keadaan aktif dan kamu dapat mengakses Google Drive.

Untuk mencadangkan hal tersebut, kamu bisa masuk pada menu pengaturan lalu memilih menu percakapan dan pilih cadangkan chat atau backup untuk menyimpan riwayat pesan kamu di Google Drive.

BACA SELANJUTNYA

Link Download WhatsApp Beta Resmi, Bukan MOD APK