Minggu, 26 Juni 2022
Agung Pratnyawan : Selasa, 21 Agustus 2018 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Daya baterai pada smartphone saat ini masih saja jadi kendala. Baterai smartphone butuh waktu lama buat mengisi daya, tapi cepat habisnya. Ada nggak yang bisa meningkatkan daya baterai smartphone?

Penelitian terbaru Universitas Waterloo, Kanada, berhasil menemukan metode baru untuk menambah usia baterai smartphone.

Pengembangan aplikasi smartphone yang didesain khusus untuk menghemat pemakaian baterai tanpa mengurangi kinerja ponsel dilakukan para peneliti kampus tersebut.

Kshirasagar Naik, salah satu dosen yang ikut dalam penelitian tersebut mengatakan aplikasi yang mereka ciptakan dapat mengurangi peran aplikasi yang tak digunakan.

"Jadi, ketika Anda sedang menggunakan sebuah aplikasi, tingkat kecerahan aplikasi lain akan menurun sehingga mengurangi konsumsi energi perangkat," katanya seperti dikutip dari Suara.com.

Smartphone jadi power bank. (notebookcheck.net)

Ditambahkan Naik, selama ini banyak aplikasi yang bekerja secara diam-diam. Hal ini diklaim berpotensi mengurai daya baterai lebih cepat. "Karena konsumsi energi yang berlebihan, ponsel menjadi cepat hangat sehingga mengurangi umur baterai," lanjutnya.

Peneliti melibatkan 200 smartphone yang sudah memasang aplikasi tersebut saat melakukan pengujian. Hasilnya, umur baterai menjadi meningkat sebesar 10 hingga 25 persen.

Sayangnya, aplikasi tersebut belum bisa diunduh secara bebas. Aplikasi ini pun baru bisa digunakan di ponsel yang menggunakan layar OLED.

Tulisan mengenai aplikasi yang bisa meningkatkan daya baterai ini sudah dimuar di Suara.com dengan judul Aplikasi Ini Mampu Tingkatkan Daya Baterai.

BACA SELANJUTNYA

Nothing Phone (1) Muncul di Geekbench, Bawa Snapdragon 778G Plus