Selasa, 27 September 2022
Agung Pratnyawan : Kamis, 23 Agustus 2018 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Samsung Galaxy Note 9 dihadirkan sebagai smartphone kelas premium. Lalu bagaimana jika dibandingkan dengan Apple iPhone X? Persaingan Apple iPhone X vs Samsung Galaxy Note 9 akan menarik untuk disimak.

Keduanya, selain dibekali dengan spesifikasi kelas atas, juga dijual dengan harga selangit, sekitar 1000 dolar Amerika Serikat.

Dengan itu, pertanyaan yang paling relevan, barangkali, smartphone mana yang paling layak ditebus dengan harga selangit itu?

Berikut perbandingan antara Samsung Galaxy Note 9 dengan Apple iPhone X:

1. Desain

iPhone X. (Switch)

Dari sisi desain, iPhone X lebih gampang digenggam. Memang dibanding iPhone X, Note 9 lebih panjang, lebar, dan berat. Meski demikian, dua gawai itu dibalut paduan material kaca dan logam yang sudah jadi standar di ponsel flagship.

Penting dicatat, Note 9 pantas dipuji karena dengan dimensinya itu ponsel tersebut sudah memiliki lubang headphone jack berukuran 3,5 mm, slot untuk S Pen, speaker ganda, sensor detak jantung, pemindai mata, dan sensor sidik jari.

Jadi, meski iPhone X lebih nyaman di tangan, Note 9 tetap cantik meski disematkan banyak fitur canggih.

2. Layar 

Menurut Phone Arena, di sektor layar Samsung Galaxy Note 9 lebih unggul. Note 9 memiliki layar 6,4 inci Quad HD+ dengan resolusi 1440 x 2960 Super Amoled.

Sementara iPhone X, dengan layar 5,8 inci beresolusi 1125 x 2436 Super Retina Oled unggul dari sisi kepadatan piksel. Tetapi dari jarak pandang normal, kualitas gambar Note 9 dinilai lebih unggul.

3. Performa dan memori

S Pen, stylus Samsung Galaxy Note 9. (Macworld)

Sebagai gawai kelas atas, iPhone X dan Samsung Galaxy Note 9 sudah memiliki dapur pacu mewah. iPhone X dipacu prosessor A11 Bionic sementara Note 9 memiliki dua varian prosesor: Snapdragon 845 SoC untuk pasar Amerika Serikat dan Exynos 9810 untuk pasar internasional.

Untuk bermain game, dua gawai ini memang handal, memiliki frame rates stabil meski saat bermain game yang cukup berat. Meski demikian, iPhone X dinilai lebih cepat di segi performa.

Harus dicatat, hasil benchmark kedua ponsel mengindikasikan bahwa keduanya setara. Tetapi saat digunakan, hasilnya tentu berbeda.

Bicara soal memori, Note 9 tentu lebih unggul. Varian terbawah Note 9 memiliki memori 128GB, bandingkan dengan iPhone X yang mulai dari 64GB.

4. Kamera

Di atas kertas, Samsung Galaxy Note 9 harus diakui lebih unggul. Kamera utamanya berkekuatan 12 megapiksel dan didukung oleh sebuah lensa 12 megapiksel telephoto dengan 2x optical zoom.

Sensor kamera utama Note 9 lebih besar dan menghasilkan gambar lebih jelas. Ia juga memiliki pilihan aperture beragam, f/2.4 untuk memotret di kondisi kaya cahaya dan f/1.5 di kondisi minim cahaya.

iPhone X juga memiliki kamera utama ganda dengan spesifikasi mirip Note 9. Tetapi fiturnya tak sekaya Note 9.

5. Baterai

DeX Samsung Galaxy Note 9. (Forbes)

Di sektor baterai, Samsung Galaxy Note 9 dan iPhone X, hampir mirip. Note 9 dengan baterai 4000 mAh, seperti diuji Phone Arena, bisa bertahan selama 8 jam 56 menit. Sementara iPhone X bisa digunakan hingga 8 jam 41 menit.

Sementara ketika diisi ulang, baterai Note 9 butuh 109 menit agar bisa penuh. Sementara baterai iPhone X bisa penuh setelah diisi ulang selama 189 menit.

Tulisan mengenai Apple iPhone X vs Samsung Galaxy Note 9 ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Samsung Galaxy Note 9 vs iPhone X, Siapa Lebih Unggul?

BACA SELANJUTNYA

Update Harga Samsung Galaxy A33 5G September 2022, Turun Rp 200 Ribu!