Sabtu, 27 April 2024
Rauhanda Riyantama | Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 25 Agustus 2018 | 10:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Hari ini (25/08/2018), Xiaomi diketahui telah memforward postingan Qualcomm di situs micro-blogging Weibo dan menambahkan teks bertuliskan ''expectation''.

Lenovo juga melakukan hal yang sama, sehingga menimbulkan spekulasi bahwa Lenovo dan Xiaomi sedang menggarap smartphone 5G. Bahkan, Lenovo juga merespons postingan tersebut dan menulis ''more than  you expect''.

Smartphone generasi selanjutnya milik Xiaomi dan Lenovo diharapkan kompatibel dengan 5G. Hal itu dikarenakan Qualcomm telah mengungkap bahwa prosesor yang akan datang akan dipasangkan dengan modem Qualcomm Opteron X50 5G.

Qualcomm juga telah mengkonfirmasi bahwa chipset next-gen akan diproduksi menggunakan proses desain 7 nm.

Ilustrasi prosesor Qualcomm. (Gizmochina)

Dilansir dari Gizmochina, TSMC yang berbasis di Taiwan akan mulai memproduksi chipset Qualcomm 7 nm pada kuartal keempat tahun 2018.

Laporan terbaru juga menyebutkan bahwa Qualcomm akan mengubah skema penamaan prosesor. Snapdragon 855 (SDM855) dengan nama kode ''Hena'' sekarang disebut sebagai SM8150.

Laporan lain menambahkan bahwa SM1850 mungkin tidak memiliki modem 5G yang terintegrasi.

Sebagai gantinya, Qualcomm akan menyertakan model Snapdragon X24 dengan dukungan untuk Cat. 20 LTE.

Ini bertentangan dengan laporan sebelumnya yang mengklaim bahwa SDM855 atau SM8150 akan datang dengan modem SDX50 (dikenal dengan Snapdragon 855 Fusion Platform).

Satu-satunya penjelasan yang masuk akal adalah bahwa akan ada dua versi SDM855, satu tanpa modem 5G dan yang lain dengan modem 5G.

Beberapa hari yang lalu terdapat laporan bahwa beberapa produsen termasuk Xiaomi dan Lenovo telah menerima sampel chipset terbaru Qualcomm.

Qualcomm Snapdragon 855. (Mixindia)

Spekulasi beredar kuat dan menyatakan bahwa Xiaomi dan Lenovo sedang menguji dan membuat smartphone baru yang mendukung teknologi 5G.

Hal tersebut sangat masuk akal  mengingat di tahun 2019 dan tahun 2020 operator telekomunikasi sudah bersiap meluncurkan teknologi 5G.

Meskipun secara resmi Qualcomm belum mengumumkan detail tanggal peluncurannya, chipset terbaru 5G diharapkan datang pada bulan Desember 2018.

Sementara smartphone 5G milik Lenovo dan Xiaomi diprediksi akan meluncur pada awal 2019.

BACA SELANJUTNYA

Redmi Note 13 Series Resmi Diluncurkan, Cek Seperti Apa Jajaran HP Baru Xiaomi Indonesia Ini