Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Senin, 10 September 2018 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kasus smartphone meledak sekarang ini memang bukanlah hal yang baru. Hal ini bahkan sering terjadi beberapa waktu ini dan membuat heboh banyak orang.

Teror smartphone meledak memang adalah bentuk kelalaian pengguna atau bahkan lemahnya kualitas spek smartphone.

Bulan Juli 2018 lalu, pengguna iPhone 7 bernama Raele Manning-Moore mengisi daya smartphone pada malam hari sebelum ia tidur.

Tanpa ia sadari, api tiba-tiba berkobar dari peranti smatphone-nya dan langsung menyambar lengannya yang sedang tertidur. Hasilnya, ia mendapat luka bakar cukup serius di tangannya.

Masalah-masalah seperti baterai yang rusak, kondisi charger yang buruk, panas berlebihan pada smartphone, hingga smartphone yang sering terjatuh memang menjadi beberapa pemicu smartphone meledak.

Smartphone meledak. (mirror.co.uk)

Namun, deretan masalah di atas hanyalah beberapa faktor penyebab smartphone meledak. Tanpa disadari, penyebab lainnya dari smartphone meledak adalah kebiasaan meletakkan perangkat ini di kasur.

Kebiasaan mengisi daya smartphone sambil meletakkannya di kasur adalah salah satu penyebab smartphone menjadi mudah meledak.

Baru-baru ini kasus smartphone meledak saat penggunanya mengisi daya sambil meletakkannya di kasur juga terjadi di Inggris.

Beruntung, api dari musibah ini cepat dipadamkan sehingga musibah yang lebih parah dapat terhindari.

Karena kejadian smartphone meledak ini, para pemadam kebakaran di Inggris, London Fire Brigade lalu mengeluarkan peringatan pada masyarakat.

Peringatan tersebut meminta agar masyarakat tidak mengambil risiko dengan meletakkan smartphone atau peralatan listrik lainnya, seperti laptop di tempat tidur.

Ilustrasi letakan smartphone di kasur. (boredomtherapy)

Kebiasaan sederhana ini ternyata mampu memicu ledakan dari perangkat elektronik lho.

Kepala keamanan masyarakat yang berada di London Fire Brigade, Chris O'Conner melarang tegas untuk tidak meletakkan smartphone di tempat tidur, terutama menaruhnya di bawah bantal.

Hal ini ternyata dapat memicu panas berlebihan yang bisa saja mampu membakar tempat tidur.

Tidak hanya smartphone, meletakkan laptopl di selimut atau permukaan lembut lainnya dapat menciptakan panas berlebihan dan memicu ledakan dan kebakaran.

Menghindari smartphone meledak ternyata sangat mudah, yaitu hindari meletakkan perangkat yang mampu menciptakan panas ini dari kasur.

BACA SELANJUTNYA

Realme dan One Plus Disinyalir akan Luncurkan HP dengan RAM Tembus 24GB, Ngeri-Ngeri Sedap!