Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 10 September 2018 | 20:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah penelitian mengungkap kalau ada belasan aplikasi iOS yang membahayakan. Menurut penelitian GuardianApp, belasan aplikasi ini membagikan data lokasi pengguna kepada pihak ke tiga tanpa izin.

Dalam penelitian yang dipimpin oleh pakar keamanan Will Strafach, beberapa aplikasi digunakan untuk mengirim koordinat GPS ke perusahaan yang bisa meraup pemasukan dengan cara menjual data pelanggan.

''Tim GuardianApp menemukan bahwa semakin banyak aplikasi iOS yang digunakan untuk mengumpulkan secara diam-diam riwayat lokasi dari puluhan juta perangkat seluler,'' tulis tim peneliti di situs resmi mereka.

Lebih lanjut, tim menemukan bahwa aplikasi-aplikasi nakal itu menggunakan semacam kode yang disediakan oleh perusahaan monetisasi data.

App Store. (Tech Crunch)

''Kode pelacakan bisa aktif terus-menerus untuk mengirimkan koordinat GPS pengguna dan informasi lainnya,'' lanjut mereka.

Untuk mengelabui pengguna, aplikasi-aplikasi ini biasanya meminta izin akses ke pengguna dengan alasan yang masuk akal. Namun mereka tidak menyebutkan bahwa data lokasi pengguna akan dibagikan ke pihak ketiga.

Penelitian GuardianApp menyebutkan ada 12 perusahaan monetisasi data yang terlibat termasuk RevealMobile yang sebelumnya telah dituduh atas pengumpulan data lokasi melalui aplikasi cuaca populer.

Untuk saat ini, pengguna bisa menghindari aplikasi yang menggunakan data pelanggan dengan menggunakan tools bawaan Apple yang dapat mengontrol aplikasi mana yang memiliki akses ke data lokasi.

tulisan mengenai aplikasi iOS ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Puluhan Aplikasi Nakal iOS Bagikan Lokasi Pengguna Tanpa Izin.

BACA SELANJUTNYA

GrabCar Hadirkan Fitur Mode Hening, Perjalanan Lebih Tenang dan Minim Interaksi