Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 25 September 2018 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Banyak perempuan yang peduli kesehatan kulit takut akan kandungan berbahaya dari produk skincare. Kesehatan kulit adalah investasi jangka panjang yang mesti diperhatikan sejak dini.

Maka dari itu memilih skincare yang tepat bukan hanya soal harga, melainkan kandungannya. 

Sayangnya, tidak semua dari kita adalah ahli kimia, sehingga wajar kalau sering kebingungan membaca nama-nama bahan yang tertulis di kemasan produk.

Seolah menjawab kegelisahan tersebut, sekarang ada lho beberapa aplikasi yang dapat membantu kita lebih mengerti dengan kandungan produk skincare yang akan kita beli.

Dilansir dari DewiKu.com, dijamin lima aplikasi ini bikin kamu makin cerdas dalam memilih skincare.

1. Think Dirty

Think Dirty. (Instagram/@thinkdirty)

Cara kerja Think Dirty adalah aplikasi memindai barcode dari produk kosmetik dan menerjemahkan bahan-bahan kandungannya agar mudah untuk dipahami.

Ia sekaligus dapat meninjau dampak bahan-bahan itu bagi kesehatan, apakah berbahaya dan memiliki dampak alergi. Selain itu, Think Dirty juga memberikan skor yang bisa menjadi pertimbangan bagi penggunanya untuk menilai produk tersebut.

2. GoodGuide

GoodGuide. (Bustle)

Aplikasi GoodGuide juga menawarkan hal yang sama dengan Think Dirty. GoodGuide menggabungkan informasi bahan dan sumber otoritatif yang mencakup regulasi bahan kimia untuk menilai suatu produk.

Sehingga penggunanya dapat memiliki akses cepat ke informasi produk yang kredibel dan mudah dipahami.

3. CosmEthics

CosmEthics. (Bustle)

CosmEthics adalah aplikasi asal Eropa yang juga mampu menganalisis produk saat kita memindai barcode-nya dalam hitungan detik. Ia punya basis data ribuan produk yang informasinya dikumpulkan dari produsen dan pengecer.

Jadi kalau ada alternatif produk yang lebih baik, CosmEthics bisa memberi tahu.

4. EWG Healthy Living

EWG Healthy Living. (Instagram/@environmentalworkinggroup)

Aplikasi satu ini merupakan besutan organisasi Enviromental Worknig Group. Misi organisasi itu adalah untuk ''Memberdayakan orang-orang agar hidup lebih sehat di lingkungan yang lebih sehat.

Dengan terobosan penelitian dan pendidikan, kami mendorong pilihan konsumen dan tindakannya.''

Grup ini menggunakan tanda ''EWG VERIFIED'' untuk memperlihatkan produk yang bebas dari masalah kimia yang menjadi concern EWG.

5. Detox Me

Detox Me. (Bustle)

Aplikasi gratis ini juga menggunakan riset untuk membantu mengurangi eksposur konsumen terhadap bahan kimia berbahaya di semua produk rumah tangga, termasuk barang-barang kecantikan.

Ia dapat membantu melacak progress penggunanya untuk mengurangi produk-produk beracun, menawarkan tips untuk memilih produk aman hingga memberi alternatif rekomendasi.

Tulisan ini sudah dimuat di DewiKu.com dengan judul 5 Aplikasi Ini Bisa Cek Kandungan Berbahaya dalam Produk Skincare.

BACA SELANJUTNYA

Apple Mulai Perbarui Aplikasi Health, Fitur Lebih Interaktif