Senin, 06 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 26 September 2018 | 08:30 WIB

Hitekno.com - Dalam waktu dekat ini, Sony dilaporkan akan segera menghentikan produksi PlayStation Vita. Lebih tepatnya pada tahun 2019, produksi PlayStation Vita akan dihentikan.

Diluncurkan pada tahun 2011 silam, PlayStation Vita dikenal karena kualitas visualnya yang jauh melebihi grafis seperti ditemukan pada Nintendo 3Ds.

''Saat ini, kami tidak memiliki rencana mengenai perangkat genggam baru. Di Jepang, kami akan memproduksi PlayStation Vita hingSga 2019. Setelahnya, pengiriman akan berakhir,'' kata Hiroyuki Oda, Wakil presiden senior untuk Sony Interactive Entertainment.

PlayStation Vita. (PlayStation)

Namun, dari pernyataan Hiroyuki Oda, tidak dijelaskan apakah ia hanya merujuk di Jepang atau berlaku pada pengiriman di seluruh dunia. Dulu, PlayStation Vita mungkin paling dikenal sebagai platform portabel untuk game indie.

Tetapi sejak dirilisnya Nintendo Switch, Nintendo sekarang menjadi konsol untuk pemain dan pengembang game indie, meninggalkan PlayStation Vita.

Alasan lain mengapa PlayStation Vita diberhentikan kemungkinan adalah karena harganya, di mana PlayStation Vita dijual dua kali lipat dari harga pasar Nintendo 3Ds.

PlayStation Vita. (Walmart)

Selama delapan tahun setelah debut PlayStation Vita, Sony hanya mampu menjualnya sebanyak 16 juta unit di seluruh dunia dibandingkan dengan penjualan Nintendo Switch yang mencapai 19 juta sejak Maret 2017.

Dilansir dari Suara.com, peluncuran PlayStation Vita saat itu juga bertepatan dengan maraknya smartphone gaming dan hal itu membuat Sony harus bekerja jauh lebih keras untuk meyakinkan orang agar membeli konsol gamenya tersebut.

Tulisan mengenai PlayStation Vita ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Sony Akan Hentikan Produksi PS Vita Tahun Depan.

BACA SELANJUTNYA

Agate Rilis BFF Signals di ZEPETO, Perkaya Pengalaman Dunia Virtual