Senin, 29 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 27 September 2018 | 18:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pada bulan Februari 2018, Facebook dikabarkan sedang mengembangkan sebuah layar yang dilengkapi dengan AI. Layar pintar Facebook diprediksi akan mempunyai ukuran sebesar 15 inci dengan kemampuan multifungsi.

Perangkat ini akan mempunyai kemampuan yang sama dengan perangkat milik Amazon, Echo Show. Layar pintar Facebook diprediksi akan dibanderol dengan harga sekitar 400 dolar AS atau Rp 6 juta.

Sementara layar yang lebih kecil akan dibanderol dengan harga sebesar 300 dolar AS atau Rp 4,5 juta.

Dikutip dari Cheddar, prediksi ini memperkuat bocoran sebelumnya yang mengatakan layar pintar Facebook sedang dikembangkan dengan dua ukuran yang berbeda.

Bocoran sebelumnya mengatakan bahwa Facebook sedang mengembangkan sebuah perangkat yang diberi nama dengan ''Fiona''. Selain itu Facebook juga mengembangkan layar pintar lain yang diberi nama ''Aloha''.

Amazon Echo Show. (Wired)

Fiona akan mempunyai layar sebesar 13 inci sementara Aloha mempunyai ukuran layar yang lebih besar yaitu 15 inci.

Para pengamat indutri memprediksi bahwa perangkat ini akan dikenalkan pada akhir September atau paling lama pada bulan Oktober 2018.

Sebenarnya kedua perangkat ini akan diluncurkan di kuartal kedua 2018, namun Facebook mengurungkannya karena terdapat skandal Cambridge Analytica.

Layar pintar Facebook memiliki kode yang disebut ''Portal''. Perangkat ini akan dilengkapi dengan kamera wide-angle yang menggunakan AI untuk mengenali orang-orang yang terlihat di layar.

Layar pintar dengan asisten virtual. (Slate)

Ketika pengguna Portal menginginkan privasi, kamera dapat diblokir menggunakan shutter khusus yang sudah tertanam. Layar pintar Facebook akan menggunakan Alexa Amazon sebagai asisten virtual pribadi.

Dengan kemampuan AI miliknya, pengguna dapat menonton berita, melihat resep, melihat video YouTube, dan memutar lagu melalui aplikasi streaming musik.

Karyawan Facebook dikabarkan sudah menguji Porta di rumah mereka. Sebelumnya Facebook juga pernah terjun di industri perangkat keras dengan bekerja sama dengan HTC.

Mereka meluncurkan HTC Salsa dengan tombol khusus Facebook.

Sayangnya setelah beberapa bulan perangkat itu tak terdengar lagi dan dianggap gagal. Semoga layar pintar Facebook tak mengikuti jejak saudaranya itu.

BACA SELANJUTNYA

Jumlah Pengguna Aktif Harian Capai 2 Miliar, Facebook Terus Kembangkan AI