Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Selasa, 09 Oktober 2018 | 18:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dibandingkan dengan Android, iPhone justru hadir dengan aplikasi yang lebih sedikit dan berbagai keterbatasan lainnya. Padahal perangkat ini dibanderol dengan harga yang sangat mahal.

Jika vendor lainnya berlomba-lomba untuk merilis smartphone dengan kapasitas memori yang besar dan harga yang murah, iPhone tetap konsisten dengan pilihan kapasitas memori dan harga yang mahal.

Salah satu hal yang sering menjadi kelemahan iPhone adalah storage kecil yang dibawanya. Keadaan makin parah dengan keputusan Apple untuk tidak mendukung adanya slot extension storage pada perangkatnya.

Keputusan Apple ini demi faktor keamanan. Kehadiran slot memori eksternal ini dirasa akan membuat perangkat menjadi lebih rentan.

Menangani keterbatasan storage di iPhone, pihak Apple memutuskan untuk memberikan berbagai varian storage. Dari 16 GB hingga 256 GB.

Varian ini membuat para calon pembeli dapat lebih leluasa mengambil keputusan iPhone dengan varian apa yang harus ia beli sesuai kebutuhannya.

Jika kamu terpaksa memiliki iPhone dengan kapasitas kecil seperti 16 GB, berikut beberapa tips untuk memaksimalkan storage kecil kamu.

1. Sering melakukan maintenance

Ilustrasi iPhone. (pixabay/stokpic)

Pengguna iPhone dengan kapasitas 16 GB wajib untuk melakukan maintenance secara berkala jika tidak ingin kehabisan memori internal.

Melakukan maintenance bisa dilakukan dengan mencari tahu aplikasi apa saja yang sering menguras memori.

Caranya, masuk ke Settings lalu General dan pilih Storage. Maka iPhone akan secara otomatis menampilkan berbagai aplikasi yang cukup memakan memori.

2. Manfaatkan Cloud

Ilustrasi iPhone. (pixabay/Pexels)

Foto dan video di iPhone sering kali menjadi penyebab storage semakin kecil. Jika kamu tidak punya waktu untuk selalu melakukan back-up di komputer, kamu bisa memanfaatkan aplikasi cloud service.

iPhone memberikan kapasitas cloud sebesar 5 GB secara gratis untuk penggunanya. Kapasitas 5 GB ini bisa kamu upgrade sesuai dengan kebutuhanmu, tentunya kamu harus mengeluarkan sejumlah biaya agar bisa melakukan upgrade.

3. Manfaatkan aplikasi streaming music

Ilustrasi iPhone. (pixabay/Pexels)

Di iPhone, kamu bisa menggunakan aplikasi Apple Music agar bisa mendengarkan lagu favoritmu. Menggunakan Apple Music tentu akan menambah konsumsi memori di iPhone dan membuatmu harus sedikit mengeluarkan biaya agar bisa mendengarkan musik favoritmu.

Sekarang ini, kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi streaming music yang tidak memakan banyak kuota maupun kapasitas memori.

Beberapa aplikasi streaming music yang bisa kamu gunakan seperti Joox dan Spotify.

4. Jangan terlalu banyak menginstal aplikasi

Ilustrasi iPhone. (pixabay/Pexels)

Jika kamu memiliki kebiasaan menginstal banyak aplikasi yang tidak terlalu penting di smartphone, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut karena tentu akan memakan banyak kapasitas memori yang tersedia.

Punya iPhone storage kecil juga perlu didampingi dengan sifat bijak dalam melakukan instal aplikasi.

Jangan sampai storage kecil di iPhone kamu terpakai percuma.

5. Offload aplikasi

Ilustrasi iPhone. (pixabay/6689062)

Solusi terakhir yang sekaligus menjadi jawaban dari masalah nomor 4. Jika kamu tidak ingin menghapus aplikasi yang sudah diinstal, kamu bisa memilih menggunakan fitur Offload.

Offload akan mendeteksi aplikasi mana saja yang kamu tidak gunakan dan menghapus aplikasi tersebut.

Tenang saja, seluruh data di aplikasi tersebut masih tersimpan rapi kok saat kamu membutuhkannya. Yang perlu kamu lakukan adalah menginstal kembali aplikasi yang sudah kamu lakukan Offload tersebut.

Gimana? Tertarik mencoba beberapa tips di atas agar iPhone storage kecil milikmu bisa dimaksimalkan?

BACA SELANJUTNYA

Hello Store Kini Jadi Tempat Servis iPhone, iPad, dan Mac