Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 19 Oktober 2018 | 06:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Future Life Factory Panasonic sedang mengembangkan penutup mata yang dapat dikenakan sehingga dapat meningkatkan daya konsentrasi. Disebut dengan Wear Space, alat ini dapat membatasi indra penglihatan sehingga pengguna dapat fokus ke area tertentu.

Perangkat yang masih dalam bentuk prototipe ini dirancang agar pengguna dapat terbebas dari gangguan ketika bekerja di ruangan terbuka.

Wear Space dapat ''memblokir'' ruangan yang terlalu luas sehingga pengguna dapat terfokus pada pekerjaan yang ada di depannya.

Bentuknya yang seperti kacamata kuda sepertinya akan membuat ''kerja bagai kuda'' tak masalah karena didukung dengan teknologi canggih.

Wear Space Panasonic. (Greenfunding)

Prototipe ini dirancang oleh studio desain Panasonic Future Life Factory yang bekerja sama dengan perancang busana Jepang, Kunihiko Morinaga.

Para peneliti di perusahaan tersebut menilai bahwa pekerja modern semakin membutuhkan ruangan pribadi di mana mereka dapat fokus.

Wear Space dapat secara instan menciptakan ''ruangan pribadi'' sehinga pekerja dapat fokus.

Sudut pandang pengguna dapat disesuaikan dengan menarik atau mendorong kedua ujung perangkat secara terpisah.

Penglihatan akan terfokus dengan alat ini. (Greenfunding)

Itu akan memperluas atau mempersempit visibilitas sehingga pengguna dapat memilih seberapa besar tingkat konsentrasi yang dibutuhkan.

Wear Space dipasang di bagian kepala dan dilengkapi dengan headphone yang dapat meredam kebisingan.

Headphone sudah dilengkapi dengan Bluetooth sehingga Wear Space dapat dihubungkan ke smartphone atau PC untuk mendengarkan suara yang menenangkan atau musik favorit.

Para peneliti di Future Life Factory Panasonic sudah memikirkan agar headband tidak menyakiti pengguna ketika digunakan.

Wear Space tampak dari samping. (Dezeen)

Berbeda dengan ikat kepala atau headband yang digunakan pada headphone biasa, Wear Space tidak memberikan tekanan apapun pada bagian kepala.

Hal itu dapat membuat pengguna merasakan tingkat kenyamanan yang maksimal. Dikutip dari Dezeen, Wear Space masih dalam tahap penggalangan dana di situs Greenfunding.jp.

Setelah resmi meluncur, perangkat ini akan dibanderol dengan harga normal 35.000 yen atau Rp 4,7 jutaan.

Kampanye penggalangan dana akan berjalan hingga 11 Desember 2018 dan membutuhkan dana sebanyak 15 juta yen atau Rp 2 miliar.

Wear Space diharapkan dapat menjadi alat yang akan meningkatkan produktivitas di masa depan.

BACA SELANJUTNYA

Pakar Ungkap Keresahannya Terkait AI, Bisa Ancam Umat Manusia?