Selasa, 23 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 23 Oktober 2018 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kecurangan dalam bechmark kembali terjadi, kali ini yang ketahuan smartphone Oppo. 3DMark Benchmark telah mencopot Oppo Find X dan F7 dari database mereka setelah ketahuan curang.

Dilansir Gizmochina, UL Benchmark pembuat aplikasi 3DMark memutuskan untuk mencopot dua smartphone Oppo ini. Keputusan ini setelah melakukan pengetesan secara private.

Dengan aplikasi 3DMark publik, diketahui Oppo Find X dan F7 punya skor 41 persen lebih tinggi dari private 3DMark. Dari sinilah mulai muncul kecurigaan.

Sama seperti Huawei, Oppo tidak menyangkal temuan ini. Smartphone Oppo mendeteksi adanya aplikasi seperti game maupun benchmark berjalan.

Ketika terdeteksi aplikasi yang butuh performa lebih seperti itu, Oppo Find X dan F7 otomatis berjalan dengan kecepatan penuh.

Hasil 3DMark Bencmark Oppo X dan F7. (Gizmochina).

Hal ini dibuat agar kenikmatan bermain game tidak terganggu. Game tetap berjalan lancar dan mulus. Tapi bagaimana dengan software benchmark.

Banyak yang menganggap cara ini tidaklah curang, karena demi kenikmatan bermain game. Namun ini tidak sesuai dengan aturan UL Benchmark.

UL Benchmark tidak memperbolehkan smartphone berinteraksi dengan perangkat aplikasi benchmark. Terutama terkait dengan perubahan performa.

Cara Oppo Find X dan F7 dalam mendongkrak performa saat menjalankan aplikasi benchmark ini dianggap membuat rancu. Terutama buat mereka yang menggunakan benchmark sebagai acuan.

BACA SELANJUTNYA

Ikuti Oppo, One Plus dan Vivo, Realme akan Angkat Kaki dari Jerman?