Minggu, 28 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 23 Oktober 2018 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Baru-baru ini ini peneliti sedang mengembangkan inovasi kamera terbaru yang tercepat di dunia, yaitu kamera T-Cup yang memiliki kemampuan kecepatan 10 triliun frame per detik.

Dengan kecanggihan kamera ini, kamu bisa mendapatkan momen freeze bahkan bahkan cahaya dalam gerakan super lambat lho.

Kamera T-Cup merupakan pengembangan teknik dengan menerapkan kamera bekemampuan femtosecond atau satu kuadrant triliun dalam satu detik, biasanya hal ini digunakan dalam aplikasi tomografi.

Peneliti dari Quebec University Intitute National de la Recherche Scientifique (INRS) dan California Institute of Technology (Caltech) memulai penelitian untuk melihat fotografi supercepat mampu menangkap 100 miliar gambar dalam waktu satu detik saja.

Meski memiliki kemampuan menangkap miliaran gambar, kualitas kamera T-Cup juga akan terbatas, hal itu yang mendorong Profesor Lihong Wang, Bren Professor dari Medial Engineering and Electrical Engineering at Caltech dan direktur dari Caltech Optical Imaging Laboratory (COIL) untuk menambahkan kamera yang dapat membuat foto lebih statis.

Kamera T-Cup. (slashgear.com)

Dengan kombinasi dari femtosecond yang biasa disebut peneliti sebegai transformasi Radon ini nantinya kamera T-Cup akan mendapatkan foto dengan kualitas yang tinggi.

Jinyang Liang yang juga peneliti mengklaim kamera T-Cup ini sangat memungkinkan menangkap momen membeku untuk melihat sebuah fenomena bahkan cahaya dalam gerakan super lambat.

Meski pengukuran cahaya dimungkinkan, namun tidak ada yang mengalahkan gambar lebih jelasnya.

Dengan penangkapan gambar yang sangat cepat ini, kamera T-Cup diklaim mencatat rekor baru sebagai kamera tercepat di dunia lho.

Penelitian dan temuan kamera T-Cup ini diharapkan bisa membantu mikroskop generasi terbaru untuk kegiatan medis ataupun aplikasi lainnya.

BACA SELANJUTNYA

Kamera Andalan untuk Pemula, Cek Harga Canon EOS R100