Selasa, 07 April 2020
Tinwarotul Fatonah | Amelia Prisilia : Sabtu, 03 November 2018 | 12:00 WIB

Hitekno.com - International Data Corporation (IDC) baru saja merilis deretan merek smartphone terlaris selama kuartal ketiga tahun 2018 ini.

Dalam laporannya, Samsung berada di urutan pertama dalam daftar smartphone terlaris di dunia versi IDC. Namun, dilihat dari peningkatan pangsa pasarnya, Samsung tahun ini mengalami penurunan yang signifikan pada kuartal ketiga.

Jika kali ini Samsung berada di kisaran 20,3 persen, tahun lalu merek smartphone asal Korea Selatan ini mencetak angkat 22,1 persen para kuartal ketiga tahun 2017.

IDC menempatkan vendor smartphone asal Cina, Huawei pada urutan kedua. Performa Huawei tahun ini dinilai lebih unggul dari Apple bersama iPhone andalannya.

Apple dan iPhone berada tepat di bawah Huawei dengan pangsa pasar 13,2 persen. Berbeda sedikit dari Huawei yang berhasil mencetak angka 14,6 persen.

Merek terlaris 2018. (IDC)

Tepat di bawah Xiaomi ada Oppo yang berhasil mengumpulkan pangsa pasar 8,4 persen.

Bersama dengan laporan ini juga diketahui bahwa penjualan smartphone tahun ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Setidaknya ada 355,2 juta smartphone yang berhasil terjual selama kuartal ketiga tahun 2018. Angka ini turun 6 persen dari 377,8 juta unit yang berhasil ditorehkan kuartal ketiga tahun 2017 lalu.

Walaupun berada di urutan pertama, sayangnya penurunan penjualan produk yang dirasakan Samsung cukup mengejutkan.

Huawei Mate 20 X. (Huawei)

Satu sisi, kepopuleran Huawei sukses membuat posisi Samsung semakin tidak aman. Sebagai smartphone asal Korea Selatan, keunggulan Samsung sepertinya juga mulai terancam dengan kemunculan smartphone Cina di pasar Asia Tenggara.

Namun, IDC memprediksi jika penurunan ini hanya sementara dan akan segera bangkir pada tahun 2019 mendatang. Hal ini didukung dengan kemunculan jaringan internet 5G yang akan segera rilis.

Nah, itu tadi deretan mereka smartphone terlaris di kuartal ketiga tahun 2018 ini. Ada merek smartphone kamu?