Senin, 06 Mei 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Sabtu, 24 November 2018 | 09:00 WIB

Hitekno.com - Salah satu hobi yang susah tergerus dengan perkembangan zaman dan teknologi adalah membaca buku. Jika kamu terlalu malas untuk pergi ke toko buku dan menemukan buku favoritmu, sekarang ini sudah banyak developer yang membuat aplikasi yang menyediakan berbagai buku untuk kamu baca lho.

Aplikasi baca ini bisa menjadi solusi untuk kamu yang terhambat budget yang minim dan terlalu malas bergerak untuk sekadar menuju toko buku terdekat.

Beberapa aplikasi baca buku ini dapat kamu unduh secara gratis di smartphone melalui Google Play Store dan Apple Store. Tentunya secara gratis, hanya bermodal koneksi internet yang stabil kok.

Tertarik? Berikut beberapa aplikasi baca buku yang wajib kamu download.

1. Wattpad

Wattpad. (Google Play Store)

Kamu yang sering banget baca novel, wajib mengunduh aplikasi bernama Wattpad ini. Berasal dari Kanada, aplikasi ini menyediakan ribuan novel dengan berbagai genre.

Dari horor, romansa, hingga science fiction dapat kamu temukan di aplikasi yang dapat diunduh secara gratis ini.

Selain baca novel secara gratis, kamu juga bisa membuat karya novelmu sendiri lho. Caranya dengan menggunakan fitur 'create'. Usai membuat novel, hasil karyamu bisa dibagikan ke sesama pengguna aplikasi tersebut.

Sayangnya, aplikasi Wattpad tidak dapat digunakan secara offline dan membutuhkan koneksi internet yang stabil.

2. Amazon Kindle

Amazon Kindle. (Google Play Store)

Penyuka novel klasik wajib banget donwload aplikasi Amazon Kindle ini. Dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung, Amazon Kindle sangat memanjakan penggunanya.

Bayangkan saja, kamu bisa menemukan kamus, Google, hingga Wikipedia Kindle dalam aplikasi ini. Kegunaannya tentu untuk memudahkan pencarian kosakata yang sulit dipahami.

Bekerja sama dengan perpustakaan di kehidupan sehari-hari, kamu juga dapat meminjam novel digital di perpustakaan terdekat dengan aplikasi ini lho.

3. iPusnas

iPusnas. (Google Play Store)

Aplikasi buatan Perpustakaan Nasional ini dibuat untuk memudahkan kamu yang terlalu mager untuk mengunjungi perpustakaan terdekat.

Berbagai koleksi buku yang ada di perpustakaan dapat kamu temukan di aplikasi ini. Berbagai kategori seperti budaya, kuliner, kesehatan, pendidikan, hingga motivasi.

Untuk bisa menggunakannya, kamu perlu melakukan registrasi. Setelah registrasi dilakukan, silahkan membaca sesukamu.

Sayangnya, kamu dibatasi dengan hanya bisa meminjam maksimal 3 buku untuk dibaca menggunakan fitur e-reader.

4. iJakarta

iJakarta. (Google Play Store)

Bagian dari program pemerintah, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2015 lalu sudah merilis aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial bernama iJakarta.

Kehadiran aplikasi ini sukses meraup dukungan dari banyak pihak serta para penerbit buku kenamaan seperti Gramedia, Mizan, Erlangga, dan lain-lain.

Sekilas, aplikasi ini memang tidak jauh berbeda dengan iPusnas. Maksimal kamu dapat meminjam buku-buku di iJakarta selama 4 hari.

Itu tadi deretan aplikasi untuk baca buku secara gratis. Jangan lupa untuk unduh deretan aplikasi ini di smartphone kamu ya.

BACA SELANJUTNYA

GrabCar Hadirkan Fitur Mode Hening, Perjalanan Lebih Tenang dan Minim Interaksi