Jum'at, 19 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Sabtu, 01 Desember 2018 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Smartphone menjadi barang yang sudah tak bisa lepas dari akitivitas sehari-hari. Mulai dari bangun tidur hingga menjelang tidur pun tak lepas dari yang namanya smartphone.

Padahal sudah banyak contoh mengenai bahanya bermain smartphone terlalu lama, apalagi sampai kecanduan.

Seperti kejadian yang menimpa seorang balita perempuan berusia 4 tahun di Bangkok, Thailand.

Bocah tersebut harus menjalani operasi mata dikarenkan kebiasaan buruknya saat memakai smartphone.

Perisitiwa ini diceritakan sendiri oleh ayah si bocah di akun Facebooknya bernama Dachar Nuysticker Chuayduang.

Sejak umur dua tahun, dirinya telah mengenalkan smartphone dan iPad pada putrinya. Mulai sejak itu, putrinya selalu merengek dan menjerit apabila dilarang untuk bermain smartphone.

Namun, agar putrinya tak lagi menjerit dan menangis, Dachar akhirnya mengalah dan memberikan smartphone padanya. Terlebih lagi saat dirinya tengah sibuk bekerja.

Kebiasaan tersebut tentunya membawa hal tidak mengenakan, karena penglihatan sang putri kian memburuk dan harus menggunakan kacamata.

Akibat kecanduan smartphone. (Facebook/Dachar Nuysticker Chuayduang)

Tetapi anehnya, pengelihatannya bukannya semakin membaik, justru semakin menurun. Hingga akhirnya dokter menyatakan bocah tersebut harus dioperasi untuk memulihkan penglihatannya kembali.

Menurut dokter, putri Dachar mengidap mata malas dengan satu mata miring atau juling. Hal ini merupakan salah satu komplikasi paling serius dari miopi dan astigmatisme.

Apabila kondisi ini dibiarkan, pengelihatannya tidak akan bisa kembali. Untuk itu dokter menyarankan bocah tersebut operasi mata.

Penyebab mata malas sendiri, melihat ponsel dan tablet dari jarak dekat secara terus menerus akan menyebabkan gangguan ini.

Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian yang di lakukan di Korea Selatan, bahwa terlalu sering melihat smartphone hingga kecanduan mereka berisiko besar mengalami mata juling sementara.

BACA SELANJUTNYA

Fakta Menarik Christopher Nolan, Sutradara Oppenheimer yang Tak Mau Pakai Smartphone