Sabtu, 27 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 23 Desember 2018 | 18:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kawasan pantai di Selat Sunda diporakporandakan tsunami Sabtu malam (22/12/2018). Bencana ini menerjang beberapa kawasan seperti kabupaten Pandeglang, Serang hingga Lampung Selatan.

Adanya hal ini Facebook, dengan cepat menyertakan informasi bencana di fitur penanggulangan krisis dan safety check di laman utamanya.

Fitur yang dimiliki Facebook ini memungkinkan pengguna Facebook di sekitar wilayah yang terkena bencana dapat memberitahukan informasi dan kondisi tercepat di sekitaran area tersebut.

Melalui Facebook, teman kamu bisa memantau lewat halaman Crisis Reponse ini. Untuk mengaksesnya, pengguna bisa masuk di pilihan halaman utama klik ''lihat lainnya'' di menu sebelah kiri.

Fitur Crisis Response. (Facebook)

Pilih fitur ''Penanggulangan Krisis'' atau ''Crisis Response'', di halaman tersebut, pengguna bisa melihat beberapa bencana terbaru yang terjadi, termasuk tsunami yang terjadi di wilayah Banten tadi malam.

Setelah masuk dalam halaman tersebut, pilih postingan yang mengabarkan mengenai tsunami Selat Sunda di Indonesia.

Setelah masuk di halaman beranda tersebut, pengguna bisa melihat berbabgai informasi dan fakta terkini dari situs berita online terkait bencana tsunami Selat Sunda ini, sekaligus rangkuman bencana.

Selain itu, Facebook juga mengaktifkan fitur Safety Check, yang dapat digunakan pengguna di sekitar lokasi terdampak bencana akan menerima notifikasi apakah mereka aman dari bencana tsunami atau tidak.

Fitur Crisis Response. (Facebook)

Kondisi terkini tersebut nantinya akan ditampilkan di fitur ''Friends in Area'', fitur ini sangat berguna untuk mengetahui apakah kerabat pengguna di Facebook yang berada di lokasi bencana selamat atau tidak berdaarkan lokasi pengguna.

Pengguna juga dapat menanyakan kabar melalui menu yang ada di fitur penangguulangan krisis yang nanti akan disampaikan lewat notifikasi.

Tak hanya itu, terdapat pula menu support untuk menggalang bantuan sesama pengguna Facebook dari kebutuhan pokok, seperti makanan dan pakaian hingga tempat tinggal.

Fitur penanggulangan krisis di Facebook ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2014, pengguna Facebook sudah menggunakan fitur untuk menemukan kerabat di wilayah bencana yang terkena tsunami Banten?

BACA SELANJUTNYA

Dituduh Memata-matai Pengguna di AS, CEO TikTok Sindir Facebook