Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Selasa, 08 Januari 2019 | 18:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Manusia memang lekat dengan rasa cepat bosan. Entah untuk kegiatan yang dilakukan terus menerus, atau bahkan mengenai percintaan hingga bosan menggunakan satu perangkat smartphone. Tidak kaget, jika kamu pengguna iOS tiba-tiba ingin berpindah menggunakan Android. Atau bisa saja sebaliknya.

Kalau sudah mulai terserang bosan, satu masalah yang biasanya dialami adalah si pengguna kerepotan dengan harus memindahkan data dari iOS ke Android atau sebaliknya.

Apalagi perangkat iOS memang terkenal sedikit ribet dalam urusan pindah memindah data. Sudah pasti kamu akan kerepotan setiap harus berganti perangkat yang digunakan.

Anti ribet, tim HiTekno.com punya beberapa cara agar kamu mudah memindahkan data dari iOS ke Android. Siapkan smartphone kamu dan ikuti langkahnya di bawah ini ya.

Smartphone Android Go. (Android.com)

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengunduh aplikasi Google Drive melalui App Store di perangkat iOS kamu.

Setelah berhasil kamu unduh, masuk ke menu aplikasi, ke settings, dan ke backup. Aplikasi Google Drive ini akan langsung menampilkan seluruh data yang ingin kamu transfer, termasuk kontak, kalendar, foto, hingga video.

Jika sudah memilih data yang ingin kamu transfer, tekan pilihan 'Start Backup' dan seluruh proses upload akan dimulai.

Google Drive. (HiTekno.com)

Biasanya, kamu akan menemukan peringatan dari Google Drive mengenai jangka waktu proses tersebut. Untuk lebih aman, kamu disarankan untuk menggunakan Wi-Fi saat melakukan proses ini.

Saat proses upload dan back-up di iOS sudah selesai, kembali ke perangkat Android kamu dan lakukan proses sign in ke aplikasi Google Drive di perangkat Android. Secara otomatis, proses sinkronisasi akan langsung dimulai.

Sayangnya, proses pindah data dari iOS ke Android ini tidak mampu memindahkan seluruh data. Pasalnya, data iMessage di iOS tidak mampu dialihkan ke Android.

Google Drive. (HiTekno)

Untuk menangani masalah ini, kamu disarankan untuk menggunakan aplikasi Move to iOS.

Solusi lainnya, adalah dengan melakukan back-up data iMessage secara manual ke akun e-mail yang ada di perangkatmu.

Itu tadi cara mudah untuk memindahkan data dari iOS ke Android atau sebaliknya. Yang berencana move on, langsung dicoba ya.

BACA SELANJUTNYA

Kapan Seseorang Harus Ganti HP? Ini Patokannya