Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 14 Januari 2019 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Di 2018, banyak produsen smartphone mengembangkan teknologi baru. Banyak dari teknologi smartphone yang telah terungkap belum diimplementasikan ke produknya.

Ada yang sudah mengungkap prototipe, ada pula yang sudah mendaftarkan patennya. Ada pula yang terungkap dari bocoran, maupun sudah resmi memamerkannya.

Seperti Huawei, Samsung, Lenovo yang saling berlomba menghadirkan layar berlubang untuk kamera selfie. Teknologi smartphone ini sudah dirilis di 2018.

Begitu juga Samsung yang telah mengenalkan Galaxy F sebagai smartphone lipat. Namun belum dirilis secara resmi produknya.

Apa saja teknologi smartphone yang akan hadir di 2019? Berikut ini beberapa di antarnya.

1. In Display Camera

Samsung sudah punya paten kamera di balik layar sejak awal 2018. (telefoonabonnement)

In display fingerprint scanner telah terwujud. Kini giliran in display camera, alias kamera selfie yang diletakkan di balik layar.

Samsung sudah memperkenalkannya dalam jajaran Infinity Display. Perusahaan Korea Selatan ini diprediksi akan mulai memakainya di 2019, jika tidak keduluan Huawei.

2. Kamera Periskop

Sistem kamera periskop Oppo. (Oppo)

Oppo sempat memamerkan kamera dengan sistem kerja seperti periskop pada 2017. Namun hingga 2018 berakhir belum digunakan pada smartphone Oppo.

Kamera ini memungkinkan memakaikan lensa telefoto yang lebih panjang ke smartphone. Tak cuma itu, juga memungkinkan melakukan optical zoom.

Akankah muncul smartphone dengan kamera periskop di 2019?

3. Wireless Charging Ngebut

Huawei Mate 20 Pro gunakan wireless charger. (Huawei)

Saat ini kecepatan wireless charging masih jauh ketinggalan. Namun di 2019, makin banyak yang akan mengembangkannya.

Mengingat makin banyak smartphone yang mendukung wireless charging. Apalagi teknologi ini diprediksi akan makin banyak dikenalkan ke smartphone kelas menengah.

4. Smartphone Layar Lipat

Smartphone Lipat Xiaomi. (Twitter/@evanleaks)

Smartphone layar lipat sudah muncul di 2018, namun yang sudah siap di pasaran baru Royole FlexiPai. Padahal brand-brand besar punya rancangan yang lebih mantap.

Di 2019 ini, diprediksi brand besar seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, LG bakal meluncurkan smartphone layar lipat mereka yang lebih matang dari Royole FlexiPai.

5. Smartphone Banyak Kamera

Ilustrasi smartphone LG dengan banyak kamera. (HiTekno.com)

Smartphone dual kamera sudah biasa, bahkan di kelas Rp 1 jutaan sudah ada. Lalu tiga kamera, empat kamera, sudah muncul di pasaran.

Bagaimana dengan paten smartphone LG yang punya belasan kamera? Lalu Nokia 9 PureView dengan 5 kamera utama? Semua akan terungkap di 2019.

Kita tunggu saja, apakah prediksi 5 teknologi smartphone ini benar muncul di 2019? Atau kamu punya prediksi sendiri?

BACA SELANJUTNYA

Walau Sepi Peminat, Sony Tetap Pede Jualan Smartphone