Rabu, 17 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 24 Januari 2019 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Siapa sangka penjualan iPhone di 2018 mengalami penurunan. Anjloknya pendapatan dari iPhone, berdampak pada pabrik Foxconn yang memproduksinya.

Anjloknya penjualan iPhone ini membuat Apple menurunkan pesanannya pada Foxconn. Karena pesanan yang menurun, Foxconn terpaksa merumahkan karyawannya.

Tak tanggung-tanggung, Foxconn terpaksa 'merumahkan' 50 ribu pegawai kontrak musiman mereka yang bekerja di pabrik Zhengzhou, China.

iPhone XS Max. (Apple)

Proses PHK karyawan Foxconn ini dilakukan secara bertahap mulai Oktober 2018.

Sementara itu, dilansir dari Nikkei Asian Review, Rabu (23/1/2019), pemangkasan pegawai kontrak di bulan ini merupakan yang terbanyak dibandingkan beberapa bulan sebelumnya.

Hal ini terjadi karena tidak terlepas dari laporan tahunan Apple yang baru diumukan pada awal Januari.

Sebagai informasi, kontrak dari pekerja musiman ini biasanya diperbarui tiap bulannya, dari Agustus hingga akhir Januari. Dalam periode tersebut, produksi iPhone berada pada puncaknya karena perilisan produk baru.

''Tahun ini sangat berbeda, perusahaan menyudahi kontrak dengan pekerja musiman sebelum akhir tahun,'' ujar seorang sumber yang namanya tidak ingin dipublikasikan.

Apple iPhone XR. (apple)

Tak hanya Foxconn, pemasok iPhone lainnya juga tidak memperpanjang kontrak pegawainya. Hal ini sehubungan dengan permintaan komponen yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Pegatron, perusahaan yang juga jadi pemasok komponen iPhone mulai menghentikan kontrak kerja bulanan mereka sejak November 2018. Menurut sumber internal perusahaan, Pegatron sudah memangkas 200 ribu karyawan tidak tetap.

"Untuk 2018, pemangkasan karyawan terjadi lebih cepat ketimbang tahun-tahun sebelumnya karena permintaan (terhadap iPhone) yang memburuk," tutup sumber tersebut. (Suara.com/Tivan Rahmat)

BACA SELANJUTNYA

7 Alasan Kamu Harus Pindah ke iPhone, Ada Deretan Fitur yang Tidak Ada di Android