Sabtu, 28 Januari 2023
Agung Pratnyawan : Selasa, 26 Februari 2019 | 07:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mobile World Congress (MWC) 2019 bukan cuma ajang smartphone baru, namun juga teknologi. Seperti Qualcomm membawa modem Snapdragon X55 5G, chip teknologi 5G generasi kedua ke mwc 2019.

Qualcomm sudah memikirkan kehadiran modem 5G ini sebelum sebagian besar vendor smartphone meluncurkan handset 5G pertama mereka.

Dilansir dari XDA Developers, modem 7-nanometer ini merupakan modem dengan kecepatan unduh hingga maksimum 7 gigabit per detik pertama di dunia dan merupakan penerus dari Snapdragon X50.

Chip ini tidak hanya mendukung koneksi dari 5G ke 2G namun juga mendukung 5G New Radio (NR) mmWave dan pita spektrum sub-6GHz.

Modem Snapdragon X55. (Window Central)

''Qualcomm Technologies mempelopori gelombang pertama peluncuran 5G dengan platform mobile 5G generasi pertama kami. Dengan evolusi yang signifikan dalam kemampuan dan kinerja, modem 5G komersial generasi kedua kami adalah bukti kerja nyata dari kematangan dan kepemimpinan teknologi 5G kami. Kami berharap platform 5G kami dapat mempercepat momentum komersial 5G dan memperkuat hampir semua peluncuran 5G pada tahun 2019,'' ucap Cristiano Amon, presiden Qualcomm Incorporated.

Modem Snapdragon X55 diklaim menawarkan kemudahan integrasi ke dalam sistem apapun dan dapat terhubung ke hampir semua jaringan 5G di wilayah mana pun.

Wilayah yang disebutkan secara khusus adalah Amerika Utara, Korea, Jepang, Eropa, dan Australia.

Qualcomm juga telah meluncurkan solusi RF front-end (RFFR) gerenasi kedua untuk perangkat multi-mode 5G, yang biasanya menjadi masalah bagi perangkat OEM.

Dengan kata lain, Snapdragon X55 dapat mendukung operasi multimode dari jaringan 5G ke 2G.

Antena baru pada modem Snapdragon X55 akan membuat tipis smartphone . (Qualcomm via Android Police)

Tak hanya itu, solusi tersebut juga meningkatkan masa pakai baterai, keandalan panggilan, dan kecepatan data. Solusi RFFE yang baru diumumkan ini mencakup modul antena QTM525 mmWave.

Pada kesempatan yang sama, Qualcomm juga mengumumkan pelacak QET6100 envelope yang mendukung 100Mhz bandwidth 5G.

Tuner antena Adaptive Signal Boost QAT3555 juga diluncurkan agar perangkat mendapatkan penerimaan sinyal yang baik.

Modem ini tidak hanya untuk smartphone saja, namun juga untuk PC, laptop, tablet, fixed wireless access points, perangkat yang diperluas, hingga aplikasi otomotif.

Qualcomm memperkirakan Modem Snapdragon X55 dengan teknologi 5G akan tiba di perangkat komersial pada akhir tahun 2019. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

iPhone SE Tamat, iPhone 16 Bakal Pakai Chipset Qualcomm?