Rabu, 08 Mei 2024
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 26 Februari 2019 | 16:30 WIB

Hitekno.com - Gelaran Mobile World Congress 2019 dimanfaatkan para produsen teknologi untuk memperkenalkan perangkat teranyarnya, tak ketinggalan Oppo dengan smartphone teknologi 10x optical zoom-nya.

Fitur 10x Optical Zoom ini disebut-sebut siap memberikan sensasi fotografi yang lebih nyata bagi penggunanya. Kabarnya, fitur ini akan dipasang pada kamera belakang perangkat baru Oppo.

Adanya fitur 10x optical zoom kali ini terbilang cukup berani sekaligus sukses membuat Oppo menjadi smartphone pertama dengan teknologi tersebut.

Pasalnya, beberapa produsen smartphone ternama seperti iPhone hingga Samsung hanya memiliki kamera dengan 2x optical zoom.

Namun bagaimana cara kerjanya teknologi 10x optical zoom ini?

Oppo 10x optical zoom. (Instagram/@oppo)

Dilansir dari laman The Verge, komponen kunci pada sistem teknologi 10x optical zoom ini adalah cahaya yang masuk lewat satu lensa.

Cahaya yang masuk tersebut nantinya akan direfleksikan melalui cermin ke dalam array dari lensa tambahan dan masuk ke sensor gambar yang ada di bodi smartphone.

Teknologi 10x optical zoom ini juga bertanggung jawab pada lensa telephoto dalam array smartphone Oppo yang mempunyai kesetaraan 35 mm dari 160 mm.

Dari tiga lensa yang disematkan dalam smartphone Oppo, di antaranya merupakan lensa wide-angle dan superwide-angle dengan ekuivalen 16 mm.

Oppo 10x optical zoom. (Instagram/@oppo)

Dengan begitu, pengguna smartphone Oppo mendapatkan 10 kali zoom penuh seperti yang dijanjikan Oppo.

Tak hanya itu, Oppo juga menyematkan optical Image stabilization (OIS) pada kamera utama.

Teknologi tersebut akan mendukung tampilan resolusi 48 MP dna juga lensa telephoto yang dimiliki Oppo.

Semakin ketat zoom yang dimiliki maka semakin dibutuhkan fitur OIS tersebut.

Oppo 10x optical zoom. (Instagram/@oppo)

Saat masih prototipe perangkat Oppo 10x optical zoom diuji coba, software kamera dikunci untuk memungkinkan untuk fotografi sederhana saja.

Oppo mengumumkan bahwa perangkat Oppo 10x optical zoom ini akan ada dipasaran pada kuartal kedua 2019.

BACA SELANJUTNYA

HMD Global Luncurkan Nokia G42 5G, Smartphone 5G yang Dapat Diperbaiki oleh Pengguna