Jum'at, 03 Februari 2023
Agung Pratnyawan : Jum'at, 01 Maret 2019 | 07:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2019, dua smartphone LG baru dikenalkan. Yaitu dari seri V ada LG V50 ThinQ dan dari seri G ada LG G8 ThinQ yang muncurl di MWC 2019.

Lalu apa beda dua seri smartphone LG ini? Ternyata seri V menyasar segmen yang berbeda dengan seri G.

Di MWC 2019, LG V50 ThinQ diperkenalkan sebagai ponsel pertama LG yang mendukung jaringan 5G.

Namun, predikat LG V50 ThinQ sebagai ponsel 5G satu-satunya LG tidak akan berlangsung lama. Sebab pada pekan ini, LG memutuskan bahwa seluruh perangkat yang masuk dalam seri V akan mendukung jaringan 5G.

Di sisi lain, LG G8 ThinQ dan keluarga besar seri G lainnya akan bertahan di jaringan 4G LTE.

LG G8 ThinQ. [LG]

Menurut laporan Phone Arena, Kamis (28/2/2019), keputusan tersebut diambil berdasarkan saran dari tim pemasaran dan penjualan LG.

Namun, jika perusahaan asal Korea Selatan ini ingin mempertahankan harga jual untuk kedua seri tersebut, keputusan tersebut sedikit berisiko, mengingat spesifikasi yang diusung seri V dan G tidak terlalu jauh.

Secara teknis, dukungan jaringan 5G pada ponsel akan mendorong peningkatan konsumsi daya baterai.

Namun tim pemasaran LG menilai, faktor itulah yang akan menjadi nilai jual dari LG V40 ThinQ yang bisa menekan konsumsi daya baterai ketimbang ponsel 5G lansiran vendor lainnya.

Terlepas dari strategi pemasaran tersebut, LG menaruh harapan besar pada perangkat lainnya, yakni G8 ThinQ, yang baru-baru ini meluncur.

LG V40 ThinQ. [LG]

Ponsel baru ini menawarkan fitur keamanan baru bernama Hand ID. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka kunci layar G8 ThinQ melalui pemindaian pembuluh darah pada tangan pengguna.

Untuk cara kerjanya, Hand ID memanfaatkan sensor inframerah yang ditanamkan pada kamera depan ponsel.

Inframerah inilah yang akan mengumpulkan informasi dan hemoglobin dalam darah pengguna, yang kemudian dikonversi menjadi sebuah gambar unik dari pembuluh darah di tangan.

Oleh karena itu, pengguna hanya perlu menempatkan tangan di atas kamera depan ponsel tanpa perlu menyentuh perangkat.

Selain itu, sensor inframerah pada kamera depan LG G8 ThinQ juga mendukung fitur Air Motion yang bertugas untuk mendeteksi gerakan yang dilakukan pengguna di depan kamera, sehingga pengguna dapat menavigasikan ponsel tanpa perlu menyentuh layar ponsel.

Itulah dua smartphone LG yang dikenalkan di MWC 2019. Pilih LG V50 ThinQ atau LG G8 ThinQ ini? (Suara.com/ Tivan Rahmat)

BACA SELANJUTNYA

POCO M3 Pro 5G Dihadirkan untuk Dorong Adopsi Teknologi 5G