Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 07 Maret 2019 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Qualcomm memang punya banyak model chipset untuk segala kelas, dari low-end hingga flagship. Namun kini terungkap kalau Qualcomm siapkan chipset untuk Android Go.

Seperti diketahui, Android Go adalah sistem operasi berbasis Android yang diciptakan untuk smartphone dengan spesifikasi rendah dan harga terjangkau.

Belum lama ini, leakster Roland Quandt melaporkan kalau Qualcomm sedang menggarap chipset baru untuk kelas low-end yang ditujukan ke smartphone Android Go.

Kabar ini diperkuat dengan munculnya sebuah smartphone di situs benchmark Geekbench. Dalam situs ini, merekam smartphone dengan model Qualcomm U505TL.

Termuat juga kalau chipset yang ditampilkan adalah Qualcomm Mobile 215 (QM 215). Yang disinyalir ini sebagai chipset baru dari Qualcomm.

Chipset baru Qualcomm untuk Android GO. (Geekbench)

Smartphone yang muncul di Geekbench ini diduga adalah prototipe yang dipakai Qualcomm untuk menguji chipset low-end tersebut.

Nampak pula spesifikasinya cukuplah rendah. Dengan CPU quad-core 1,3 GHz dan GPU 650 MHz. Konfigurasi ini mirip dengan Qualcomm Snapdragon 410 dan 425.

Selain itu, smartphone ini juga dipasangkan dengan RAM 2 GB dan telah menjalankan Android 9 Pie. Yang nampaknya sistem operasi tersebut adalah Android One.

Chipset baru Qualcomm untuk Android GO. (Geekbench)

Dikutip dari Gizmochina, perangkat UMX U505TL ini menghasilkan skor yang menakjubkan di Geekbench meski spesifikasinya cukup rendah.

Dari temuan ini, menguatkan dugaan Qualcomm sedang menggarap chipset low-end yang dioptimalkan untuk menjalankan Android Go.

BACA SELANJUTNYA

Qualcomm Bahas Hybrid AI, Dapat Menghasilkan Karya Digital dan Banyak Manfaat