Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 28 Maret 2019 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Buat para pemakai smartphone iPhone, perlu mewaspadai mengenai perangkat kamu ini. Ternyata, iPhone secara diam-diam menyimpat tempat yang pernah kamu kunjungi.

Terkubur dalam-dalam di dalam pengaturan iPhone adalah fitur yang disebut 'lokasi signifikan' yang berisi jadwal pergerakan kamu.

Sebenarnya hal ini cukup mengerikan. Cukup sulit untuk ditemukan, artinya kamu tidak akan menemukannya secara kebetulan.

''iPhone kamu akan melacak tempat-tempat yang baru saja kamu kunjungi, serta seberapa sering dan kapan kamu mengunjunginya, untuk mempelajari tempat-tempat yang penting bagi kamu,'' tulis Apple.

''Data ini dienkripsi dan disimpan hanya di perangkat kamu dan tidak akan dibagikan tanpa persetujuan kamu. Ini digunakan untuk memberi kamu layanan yang dipersonalisasi, seperti perutean lalu lintas prediktif, dan untuk membangun Kenangan Foto yang lebih baik,'' tulisnya lagi.

iPhone X. (unsplash/Tyler Lastovich)

Untuk menemukan daftar ini, ikuti saja langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan (aplikasi dengan ikon yang terlihat seperti roda gigi kecil).
  2. Klik ‘Privasi’. Buka ‘Layanan Lokasi’.
  3. Gulir ke kanan ke bagian bawah menu dan tekan ‘layanan sistem’.
  4. Kamu kemudian dapat mengeklik lokasi penting dan melihat tempat-tempat yang kamu mengunjungi.

Inilah cara Apple menjelaskan layanan lokasinya, yang melacak keberadaan smartphone iPhone kamu.

Layanan lokasi menggunakan GPS dan Bluetooth (jika tersedia) bersama dengan hotspot wifi bersumber dari kerumunan dan lokasi menara sel untuk menentukan perkiraan lokasi perangkat kamu.

''Apple Watch kamu dapat menggunakan lokasi iPhone berpasangan kamu jika berada di dekat kamu. Jika Layanan Lokasi aktif, iPhone kamu akan secara berkala mengirimkan lokasi yang diberi tag geo dari hotspot wi-fi dan menara seluler terdekat dalam bentuk anonim dan terenkripsi ke Apple, yang akan digunakan untuk menambah basis data hotspot wifi yang bersumber dari kerumunan ini.''

''Informasi yang dikumpulkan Apple tentang penggunanya dienkripsi dan dianonimkan, yang berarti itu tidak benar-benar membuat dokumen yang menghubungkan informasi secara langsung ke identitas seseorang. kamu dapat mematikan Layanan Lokasi jika khawatir,'' tulis Apple.

Itulah terkait smartphone iPhone yang diam-diam menyimpan daftar tempat yang pernah kamu kunjungi. (Suara.com/ Dythia Novianty)

BACA SELANJUTNYA

Benarkah Android Lebih Ribet Dibanding iOS? Riset Menunjukkan Sebaliknya