Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 28 April 2019 | 08:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Smartphone China terkenal murah namun punya spesifikasi tinggi. Tidak hanya laris manis di China, merek-merek smartphone ini juga menguasai pasar negara lain.

Merek smartphone China seperti Huawei, Xiaomi, Oppo, dan Vivo bahkan jadi momok tersendiri untuk Samsung dari Korea Selatan dan Apple dari Amerika Serikat.

Data terbaru Counterpoint menungkap kalau smartphone China menguasai pasar India. Bahkan 66 persen pasar smartphone India dikuasai smartphone China.

Di kuartal pertama 2019 ini, smartphone China nampak kuat di India. Tak hanya menguasai pasar, namun juga tumbuh dengan pesat di India.

Dari data Counterpoint, Xiaomi menduduki peringkat pertama di India dengan menguasai pasar hingga 29 persen pada kuartal pertama 2019.

Smartphone China kuasai India di kuartal pertama 2019. (Counterpoint)

Di peringkat kedua ada Samsung sebagai satu-satunya pabrikan selain China di daftar ini. Samsung menguasai 23 pasar smartphone di India.

Di bawahnya kembali dikuasai smartphone China, dimulai dengan Vivo yang menguasai 12 persen. Di bawahnya harus bersaingketat Oppo dan Realme dengan 7 persen.

Smartphone lainnya harus berbagi dari 22 persen pasar smartphone India di kuartal pertama 2019 ini.

Dari data tersebut, diketahui Xiaomi sukses menguasai pasar smartphone India. Disebutkan smartphone Xiaomi Redmi 6A sebagai smartphone terlaku di India.

Smartphone Xiaomi Redmi 6A. (Mi.com)

Disusul Xiaomi Note 6 Pro, Redmi Y2, Samsung Galaxy M20, Samsung Galaxy A50. Deretap sepuluh besar terlaris ini menguasai setidaknya 35 pengkapalan smartphone di India.

Jika pasar smartphone India bisa dikuasai China, bagaimana di Indonesia? Apakah smartphone China juga menguasai pasar Tanah Air?

BACA SELANJUTNYA

Penjualan Perdana, Lebih dari 3.000 Unit Xiaomi 14 Ludes dalam Sehari