Rabu, 08 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 08 Mei 2019 | 15:28 WIB

Hitekno.com - Sistem operasi Android boleh saja punya pengguna terbanyak untuk smartphone. Namun dengan jumlah pengguna terbanyak, berapa banyak yang sudah memakai versi terbaru Android 9 Pie sekarang?

Pastinya belum semua pengguna smartphone Android sudah memakai versi terbaru dari sistem operasi mobile ini. Pengguna Android 9 Pie pastinya masih segelintir orang.

Google akhirnya mengumumkan kalau 10,4 persen dari total pengguna smartphone Android telah memakai Android 9 Pie. Sebuah pencapian tersendiri dibandingkan ketika peluncuran versi Android sebelumnya.

Android 9 Pie diluncurkan pertama kali 6 Agustus 2018 lalu, pengumuman ini menandai pertama kalinya dalam sembilan bulan sejak Google merilis Android 9 Pie ke publik.

Dibandingkan tahun lalu, angka persentase tersebut telah meningkat. Pada Mei 2018, versi Android Oreo hanya diinstal pada 5,7 persen perangkat Android.

Android 9 Pie. [Shutterstock]

Meski begitu, versi Oreo masih membuat persentase terbesar dari basis pemasangan Google saat ini, walaupun angka tersebut merupakan gabungan antara Android 8.0 dan 8.1 dengan total 28,3 persen.

Lalu disusul dengan Android 7 Nougat sebesar 19,2 persen (gabungan versi 7.0 dan 7.1), kemudian Android 6 Marshmallow sebesar 16,9 persen, dan Android 5 Lollipop sebesar 14,5 persen.

Setelahnya, di posisi kelima tercatat Android Pie 9 dengan 10,4 persen.

Antarmuka Android 9 Pie. (Android)

Dilansir dari The Verge, meski begitu Google masih harus berusaha lebih keras dari Apple. Pembaruan perangkat lunak iOS 12 tercatat hanya membutuhkan waktu selama 23 hari untuk mencapai 50 persen.

Bahkan, pada pembaruan terbaru Apple pada 24 Februari, 80 persen perangkat Apple telah menggunakan iOS terbaru.

Apakah kamu termasuk yang sudah memakai Android 9 Pie terbaru? Atau masih memakai sistem operasi Android lama? Atau bukan pemakai smartphone Android? (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

7 Alasan Kamu Harus Pindah ke iPhone, Ada Deretan Fitur yang Tidak Ada di Android