Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Selasa, 04 Juni 2019 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setelah sempat membuat heboh dengan hilangnya iTunes. Apple akhirnya angkat bicara terkait nasib iTunes di ajang WWDC 2019. Dengan resmi, Apple Inc resmi menutup layanan toko digital, iTunes.

Pengumuman penutupan iTunes ini memastikan jika layanan ini tidak akan lagi ditemukan pada versi macOS Catalina. Lebih lanjut, Apple menyediakan layanan aplikasi mandiri atau standalone Music, Podcast dan TV.

Dilansir dari The Verge, iTunes dirasa telah tergeser dengan hadirnya layanan berlangganan berbasis streaming seperti salahtunya adalah Apple Music.

Apalagi, melihat fakta bahwa layanan streamning musik kini sudah mendominasi pasar sebesar 75 persen dari industri musik di Amerika Serikat.

Aplikasi musik baru sebagai pengganti iTunes sudah dipastikan akan datang dengan membawa beberapa fungsi yang sama dengan iTunes.

Ilustrasi iTunes. (unsplash/Thomas Kolnowski)

Fungsi-fungsi layanan tersebut termasuk membeli lagu dan menghubungkan antar perangkat dan antarmuka yang lebih simpel dan mudah untuk diakses.

Craig Federighi, dari Apple mengungkapkan tiga aplikasi yang akan menggantikan iTunes, antara lain Apple Music, Apple Podcasts, dan Apple TV.

Sebelumnya, iTunes merupakan salah satu platform karya Apple yang begitu dikenal pada awal tahun 2000. iTunes dirasa berperan penting dalam perkembangan musik mp3 di dunia.

Ilustrasi iTunes. (unsplash/Igor Miske)

Hingga tahun ini, iTunes total sudah berdiri selama lebih dari 18 tahun sejak pertama kali diperkenalkan di Maworld Expo 2001.

Awal kemunculannya, iTunes dirasa sebagai salah satu platform yang tepat untuk menghadapi pembajakan.

Saat ini, pengguna Apple sudah tidak lagi dapat menemukan iTunes di deretan aplikasi perangkat Apple apapun. Goodbye, iTunes!

BACA SELANJUTNYA

Update Harga iPhone 11 Pro Max Juni 2023, Apakah Masih Layak Beli?