Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 22 Juni 2019 | 06:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Jumlah pemakai sistem operasi Android boleh lebih banyak. Namun siapa sangka, keuntungan aplikasi di iOS bisa jauh lebih banyak dibandingkan di Android.

Mengutip dari GSM Arena, laporan dari lembaga riset Sensor Tower mengungkap fakta keuntungan aplikasi di Apple App Store lebih banyak dari aplikasi di Google Play Store.

Laporan ini meneliti pendapatan top 100 aplikasi terpopuler di Apple App Store untuk iOS, dibandingkan dengan aplikasi di Google Play Store untuk Android.

Diketahui pada quartal pertama 2019 ini, rata-rata pendapatan aplikasi di iOS bisa 64 persen lebih tinggi dibandingkan pendapatan aplikasi untuk Android.

Penerbit aplikasi yang masuk top 100 di App Store diperkirakan menghasilkan 83,8 juta dolar AS atau setara dengan Rp 1,8 triliun.

Sedangkan pendapatan top 100 aplikasi di Google Play Store hanya 51 juta dolar AS atau sekitar Rp 720 miliar. Selisihnya bisa sampai 65 persen.

Perbedaan pendapatan aplikasi di iOS dan Android ini sudah terjadi sejak 2014 lalu. Di mana aplikasi iOS tetap masih lebih unggul dari tahun ke tahun.

Pendapatan Aplikasi di Apple App Store lebih menggiurkan daripada Google Play Store. (Sensor Tower)

Begitu juga di sisi game, mereka para publisher game di Apple App Store lebih banyak mendapatkan keuntungan di bandingkan game di Android.

Di kuartal pertama 2019 ini, keuntukan top game publiser di Apple App Store hingga 70 juta dolar AS atau sekitar Rp 987 miliar.

Sedangkan game yang di Google Play Store meraup keuntungan 48 juta dolar AS atau sekitar Rp 678 miliar. Selisih keuntungan mereka hingga 48 persen.

Pendapatan game di Apple App Store lebih menggiurkan daripada Google Play Store. (Sensor Tower)

Sedangkan di aplikasi non-game, rata-rata yang didapatkan juga msih tinggian di Apple App Store. Bahkan selisihnya bisa sangat signifikan.

Di kuartal pertama 2019 ini, publisher aplikasi di iOS rata-rata mendapatkan keuntungan hingga 23,3 juta dolar AS atau setara dengan Rp 329 miliar.

Sedangkan rata-rata pendapatan aplikasi di Android hanya mendapatkan 7 juta dolar AS atau setara Rp 98,9 miliar saja. Selisih keduanya bisa mencapai 232 persen.

Pendapatan Aplikasi di Apple App Store lebih menggiurkan daripada Google Play Store. (Sensor Tower)

Nampaknya para pengguna iOS lebih mau mengeluarkan uang mereka untuk aplikasi maupun game. Jauh lebih banyak dibandingan para pemakai Android.

Hal ini juga tidak terlepas dari dominasi iOS di berbagai negara maju. Juga dengan keberadaan Apple di pasar China yang cukup royal mengeluarkan uang.

Seperti diketahui, Google Play Store tidak tersedia di China. Berbeda dengan Apple App Store yang lebih diterima oleh pemerintah China.

Itulah tadi hasil laporan riset Sensor Tower mengenai pendapatan aplikasi di iOS yang ternyata jauh lebih besar dari aplikasi di Android.

BACA SELANJUTNYA

Aplikasi Kalender Jawa, Memudahkan Penanggalan