Jum'at, 28 Januari 2022
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Selasa, 13 Agustus 2019 | 18:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Masalah bug di iOS rupanya merupakan hal serius yang perlu diberantas oleh Apple sesegera mungkin. Bekerja sama dengan peneliti keamanan siber, Apple bagi-bagi iPhone khusus.

iPhone khusus dari Apple ini dibagikan secara gratis dan dapat digunakan untuk menemukan bug atau celah kemanan dalam sistem operasi iOS.

Rencana besar Apple ini merupakan bagian dari program iOS Security Research Device yang akan segera digelar pada tahun 2020 mendatang. Benar-benar khusus, iPhone ini hanya diberikan untuk peneliti keamanan siber yang mendapat undangan langsung dari Apple.

Dilansir dari The Verge, belum pernah terjadi sebelumnya, pihak Apple menjelaskan bahwa program ini baru pertama kali digelar demi membasmi bug yang mengganggu di iOS.

Ilustrasi Apple. (unsplash/Aleksander Vlad)

Tidak hanya menangani bug pada iOS, Apple juga melakukan penanganan untuk membasmi bug di macOS, Apple Watch, Apple TV, hingga iCloud.

Para peneliti kemanan siber yang diundang Apple ini merupakan sosok-sosok pilihan yang disebut-sebut memiliki fokus dan ketertarikan untuk membantai bug di iOS

iPhone khusus untuk para peneliti keamanan siber ini akan dilengkapi dengan ssh, shell root, dan kemampuan debug lanjutan.

Dengan menggunakan perangkat khusus ini, Apple menjamin jika para peneliti keamanan siber akan menemukan bug di iOS dengan mudah.

Ilustrasi Apple. (unsplash/VASANTH)

Cukup memanjakan siapa saja yang tertarik, rencana Apple ini juga menawarkan hadiah fantastis.

Sedikit throwback, pembasmian bug di iOS ini berhadiah 200 ribu dolar AS atau setara dengan Rp 2,8 miliar. Untuk kali ini, harga pembasmian bug ini dibanderol 1 juta dolar AS atau Rp 14 miliar.

Jadi, kamu tertarik nggak untuk mengikuti pembasmian bug di iOS agar mendapat iPhone khusus dari Apple?

BACA SELANJUTNYA

iPhone 14 Diprediksi Bawa Layar ProMotion 120 Hz dan RAM 6 GB