Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 18 Agustus 2019 | 14:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apakah kamu merasakan baterai smartphone boros secara tiba-tiba? Padahal sudah mengaktifkan mode hemat daya, namun tetap saja baterai terus habis.

Jangan buru-buru menyalahkan baterai smartphone boros karena sudah bocor atau ngedrop. Bisa jadi karena ada masalah di sisi software.

Karena telah ditemukan sebuah bug dari aplikasi Google yang ternyata bikin baterai terus terkuras. Aplikasi ini adalah Google Play Services 18.3.82.

Google Play Services adalah pusat layanan Google di smartphone Android. Dari fitur push notifikasi, proses background, dan banyak lainnya ditangani aplikasi Google ini.

Diwartakan Android Police, temuan bug di Google Play Services ini menyebabkan daya baterai smartphone lebih banyak tersedot meski dalam keadaan stan by,

Parahnya Google Play Services jadi aplikasi penting di smartphone Android, dan digunakan hampir semua smartphone Android dengan layanan Goole.

Sehingga dampak dari bug aplikasi Google ini bisa mempengaruhi banyak smartphone. Mungkin termasuk smartphone Android yang kamu gunakan.

Aplikasi Google Play Services. (Twitter/ ArtemR)

Untuk melihat apakah smartphone kamu terkena bug ini, bisa dicek lewat menu setting. Lalu buka menu baterai dan cari opsi Show full device usage pada titik tiga di pojok kanan atas.

Akan ditampilkan aplikasi mana yang paling banyak mengkonsumsi daya di smartphone. Jika kamu temukan Google Play Service berada di peringkat tinggi, itulah penyebabnya.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Cek dulu versi Google Play Service di smartphone kamu. Apakah aplikasi Google ini versi 18.3.82 atau bukan.

Jika iya, cek apakah sudah ada update baru dari Google atau tidak. Google pastinya tidak akan tinggal diam membiarkan aplikasinya jadi penyebab baterai smartphone boros.

Jika tidak ada update, kamu bisa downdgrade ke versi yang lebih lama. Kamu bisa mendapatkan lewat situs mirroring seperti APKPure atau APKMirror.

Aplikasi Google Play Services. (HiTekno.com)

Bagaimana, sudah mengecek versi Google Play Services di smartphone Android kamu? Apakah aplikasi Google ini menyebabkan baterai smartphone kamu boros?

BACA SELANJUTNYA

Nokia Mau Luncurkan Game Controller, Begini Wujud dan Harganya