Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Senin, 19 Agustus 2019 | 13:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebagai salah satu perangkat yang begitu lekat dengan kehidupan sehari-hari, berbagai rumor dan mitos sering kali kamu ketahui mengenai smartphone. Namun, tidak semua mitos tersebut benar, berikut fakta sebenarnya.

Sama seperti beberapa peralatan elektronik lainnya, penggunaan smartphone yang dianggap salah sering kali bisa menimbulkan beberapa bahaya yang mengancam penggunanya.

Karena hal ini, banyak mitos yang berkembang terkait smartphone. Entah benar atau tidak, namun tidak sedikit pengguna smartphone yang malah percaya dan menganggap rumor-rumor tersebut benar.

Agar tidak lagi salah, berikut fakta sebenarnya terkait mitos seputar smarpthone yang selama ini begitu santer terdengar.

1. Isi daya baterai

Ilustrasi smartphone. (unsplash/Tamarcus Brown)

Mitos: Menggunakan smartphone saat diisi daya dapat menyebabkan smartphone meledak. Hal ini yang lalu membuat adanya untuk tidak menggunakan smartphone saat sedang diisi daya.

Fakta: Walaupun tidak digunakan sekalipun saat diisi daya, smartphone tetap bekerja seperti biasanya. Pasalnya, smartphone terus melakukan update software saat tidak digunakan.

Namun ingat mengisi daya dan menggunakan smartphone dalam beban tinggi sama-sama menimbulkan panas. Jika dua aktivitas ini dilakukan bersamaan bisa menimbulkan panas berlebih yang membahayakan.

2. Isi daya saat baterai habis total

Ilustrasi smartphone. (unsplash/Kamil Feczko)

Mitos: Banyak yang percaya jika pengguna smartphone perlu menghabiskan daya hingga 0 persen sebelum dihubungkan ke charger.

Fakta: Beberapa vendor smartphone menyarankan untuk pengguna mengisi daya saat baterai bahkan tersisa 40 persen. Hal ini tentu untuk menjaga kualitas baterai agar terus terjaga.

3. Mengisi daya baterai hingga semalaman

Ilustrasi smartphone. (unsplash/Daniel Korpai)

Mitos: Khawatir dengan kesehatan baterai, banyak yang menyarankan untuk tidak mengisi daya smartphone semalaman.

Fakta: Baterai pada umumnya dapat berhenti mengisi saat daya smartphone sudah penuh alias sudah mencapai angka 100 persen.

4. Charger yang terus terpasang

Ilustrasi charger smartphone. (unsplash/Rebecca Aldama)

Mitos: Terus memasang charger beserta kabelnya ke stop kontak saat tidak digunakan dapat menimbulkan masalah terkait aliran listrik.

Fakta: Charger dapat terus terpasang asalkan tidak mengalami overheat dan tidak menimbulkan kebocoran di stop kontak.

Namun pastikan kabel yang digunakan dalam kondisi baik, tidak ada robekan maupun masalah yang berisiko konsleting.

5. Menyimpan baterai dan smartphone

Ilustrasi smartphone. (unsplash/Pascal Brändle)

Mitos: Menyimpan baterai dan smartphone di tempat dingin dan menjaganya tidak panas dapat memperpanjang umur baterai dan smartphone.

Fakta: Baterai dan smartphone dapat rusak jika terkena dingin dan panas secara dalam takaran tertentu. Jadi simpan di tempat yang memiliki temperatur yang normal ya.

Jangan pula simpan baterai di tempat panas, karena bisa membahayakan bagi smartphone.

Itu tadi beberapa mitos dan fakta sebenarnya dari smartphone yang sudah tim HiTekno.com rangkum untuk kamu. Jaga smartphone kamu baik-baik ya.

BACA SELANJUTNYA

Walau Sepi Peminat, Sony Tetap Pede Jualan Smartphone