Minggu, 05 Mei 2024
Dinar Surya Oktarini : Sabtu, 02 November 2019 | 08:00 WIB

Hitekno.com - Beberapa pengguna smartphone atau tablet tertentu mungkin terganggu dengan iklan yang sering muncul. Tapi tenang, ada beberapa cara untuk memblokir iklan tersebut, salah satunya dengan aplikasi. 

Sayangnya, aplikasi pemblokir iklan umumnya tidak tersedia di Play Store. Dengan demikian, pengguna harus menggunakan unduhan dan instalasi pihak ketiga untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Dilansir laman Android Authority, berikut lima aplikasi pemblokir iklan terbaik di Android:

1. AdAway (root only)

AdWay dapat diunduh melalui F-Droid. Aplikasi ini menggunakan file host yang dimodifikasi untuk mengirim semua permintaan iklan ke 12.0.0.1. Dengan kata lain, itu akan membuat pengguna tidak akan melihat iklan.

Satu-satunya kekurangan, pengguna harus mengunduhnya dari F-Droid bukan Play Store sehingga memerlukan akses root.

2. Adblock Plus

Adblock Plus dapat diunduh melalui web resmi milik Adblock Plus sendiri. Aplikasi pemblokir iklan ini akan bekerja pada perangkat yang di-rooting ataupun tidak di-rooting.

Adblock Plus berjalan di latar belakang dan menyaring lalu lintas web hampir persis seperti ekstensi peramban web.

3. AdGuard

Sama seperti sebelumnya, aplikasi ini juga dapat diunduh dalam web resmi AdGuard. Aplikasi ini juga memblokir iklan dengan cara yang sama seperti Adblock Plus.

AdGuard berjalan sebagai layanan di latar belakang dan menyaring lalu lintas web. Aplikasi ini bekerja tanpa root, tetapi membutuhkan sedikit pengaturan tambahan. Jika pengguna ingin menikmati fitur tambahan, pengguna dapat berlangganan sebesar 24,99 dolar AS per bulan.

4. Browsers dengan fitur ad-block

Sebagian besar browser telah dibekali dengan fitur pemblokir iklan, salah satunya adalah Google Chrome.

Ilustrasi Google Chrome. [Shutterstock]

Chrome telah dilengkapi dengan pemblokiran iklan, tetapi masih menampilkan iklan yang tidak menyingung pengguna. Beberapa contoh browser web lainnya yang mendukung pemblokiran iklan adalah Brave Browser, Firefox Focus, Kiwi Browser, dan Samsung Browser yang memiliki fitur add-on pemblokir iklan.

5. Block This

Block This dapat diunduh melalui situs web resmi milik Block This sendiri. Aplikasi ini sepenuhnya gratis dan menggunakan pengaturan bergaya VPN yang sama seperti yang digunakan Adblock Plus dan AdGuard.

Namun, Block This menggunakan pemblokiran DNS, bukan filter. Pengambang Block This mengklaim bahwa metode ini akan memakan daya baterai leih sedikit daripada aplikasi pemblokir iklan standar karena sebagian besar pekerjaan dilakukan sebelum data mencapai perangkat Android.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Xiaomi Pad 6S Pro Rilis ke Indonesia, Tablet Baru Ditenagai Snapdragon 8 Gen 2