Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Jum'at, 07 Februari 2020 | 14:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dunia sedang dibuat ketar-ketir usai wabah virus corona menyebar dan membuat siapa saja ketakutan. Tidak terkecuali pasar smartphone dunia yang disebut-sebut ikut berantakan karena wabah virus ini.

Hal ini tentu memberikan dampak besar mengingat pasar smartphone saat ini didominasi oleh produk-produk asal China. Bukan hanya smartphone asal China, smartphone asal Amerika, iPhone juga ikut merasakan dampak virus corona ini.

Analis Apple, Ming Chi Kuo memprediksi bahwa pegiriman iPhone di kuartal pertama kemungkinan akan mengalami penurunan hingga 10 persen.

Mengutip Mac Rumors, beberapa tipe iPhone yang kemungkinan akan terganggu adalah produksi iPhone 9 atau iPhone SE 2 yang kabarnya segera rilis di tahun 2020 ini.

Lebih lanjut, Ming Chi Kuo juga menjelaskan bahwa pengiriman smartphone China juga mengalami penurunan drastis diduga kuat terjadi karena menurunnya tingkat kepercayaan konsumen akibat virus corona.

Ilustrasi iPhone 4. (Pixabay/ulf40)

Selain ikut berdampak pada smartphone secara perangkat, virus corona ini juga mempengaruhi chipset perangkat smartphone seperti Qualcomm.

Vendor chip ini mengaku mengalami penurunan saham terkhusus mengenai permintaan perangkat dan rantai pasokan di tengah kemunculan virus corona.

Dilaporkan bahwa saham Qualcomm turun sebanyak 3,75 persen dalam perdagangan pasca jam kerja. Menangani hal ini, Qualcomm memutuskan untuk menurunkan batas bawah pedoman laba per saham sebanyak 5 sen.

Ilustrasi chip Qualcomm. (Qualcomm)

Lebih lanjut, strategi perusahaan ini adalah dengan mengusahakan pasar lain untuk mengatasi masalah pasokan chip yang terganggu akibat virus corona ini.

Kemunculan virus corona tidak dapat dipungkiri begitu mengganggu dan mengancam manusia bahkan industri teknologi seperti pasar smartphone dunia.

Hingga artikel ini dibuat, tidak diketahui dengan pasti mengenai usaha apa yang dilakukan demi penanganan masalah virus corona yang mempengaruhi pasar smartphone ini.

BACA SELANJUTNYA

iPhone SE Generasi Terbaru Disinyalir Belum akan Nongol hingga Tahun Depan