Minggu, 28 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 06 Maret 2020 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Selama ini iPhone menjalankan sistem operasi iOS yang terkenal tertutup. Namun ini tidak membuat peneliti penasaran apakah bisan menjalankan Android di iPhone.

Tim peneliti di Project Sandcastle berhasil membuat iPhone 7 dan 7 Plus untuk menjalankan sistem operasi Android.

Melalui sebuah video, pengguna bisa melihat iPhone yang menjalankan Android. Anehnya, ini bukan pertama kalinya seseorang memindahkan Android ke iPhone.

Pasalnya, pendiri Proyek Sancastle sudah pernah melakukannya dengan iPhone edisi pertama sekitar 10 tahun yang lalu.

Meksipun ini merupakan penemuan yang mengejutkan, namun sebagaimana dilansir laman The Next Web,  Kamis (5/3/2020) bahwa pihak Apple tidak menyukai hal tersebut.

iOS 13. (Apple)

Bahkan, proyek Sandcastle yang dikembangkan oleh anggota tim startup cybersecurity Corellium, tersebut saat ini sedang dituntut oleh Apple.

Meskipun OS Android bisa berjalan di iPhone 7 dan 7 Plus, namun tidak semua fitur bisa bekerja dengan baik. Kabarnya, iPhone yang telah di root tersebut tidak bisa menjalankan audio, seluler, bluetooth, GPU, dan kamera.

Sedangkan untuk mengubah sistem operasi iPhone yang tadinya iOS ke Android, para penelitu dibantu oleh platform virtualisasi iPhone Corellium.

Karena platform itulah, Apple menuntut perusahaan tersebut ke jalur hukum karena dituding melakukan virtualisasi iPhone pada PC untuk menjalankan tes dan menemukan kerentanan keamanan tanpa merusak perangkat.

Itulah klaim peneliti yang disebutkan bisa menjalankan sistem operasi Android di iPhone. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

Alasan Upgrade ke iPhone 15: Makin Kencang, Baterai Awet, dan Fiturnya Makin Canggih