Minggu, 05 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 30 April 2020 | 10:30 WIB

Hitekno.com - Punya HP lemot memang menyebalkan dan membuat jengkel. Namun jangan buru-buru beli HP baru, karena ada cara mengatasi HP lemot dengan mudah.

HP lambat merespon perintah alias lemot, terkadang bisa membuat penggunanya jengkel. Apalagi jika HP diperlukan untuk kebutuhan yang bersifat urgensi.

Penyebabnya beragam, mulai dari terlalu banyak aplikasi, terkena malware, dan lain-lain.

Nah, bagi Anda yang kebetulan tengah mengalami situasi ini, coba dulu cara mengatasi HP lemot berikut ini, dilansir laman Androidpit, Kamis (30/4/2020).

Cek Jendela Aplikasi

Sebelum melakukan langkah yang lebih jauh, alangkah baiknya memeriksa dan mengecek terlebih dahulu faktor yang menyebabkan HP lemot.

Coba lihat di jendela aplikasi, apakah ada banyak aplikasi yang bekerja bersamaan (multitasking) atau tidak. Jika ada, maka tutuplah aplikasi yang tidak diperlukan. Ini akan mengurangi beban kerja prosesor sehingga HP akan kembali responsif.

Berikan Ruang Kosong

Sejumlah orang sedang menggunakan telepon seluler pintar. [Shutterstock]

Data foto, video, dan aplikasi yang terlalu banyak bisa membuat ruang penyimpanan HP berkurang, atau bahkan di ambang batas maksimal. Oleh karena itu, hapuslah foto, video, atau aplikasi yang tidak diperlukan.

Rutin Membersihkan Sampah Aplikasi

Salah satu cara menjaga kapasitas memori internal adalah dengan rajin membersihkan sampah aplikasi.

Tanpa disadari, semua aplikasi yang berjalan di HP biasanya memakan banyak ruang penyimpanan. Jadi, rajinlah membersihkan sampah aplikasi agar kinerja HP optimal.

Hapus Cache di Browser

Jika diakumulasikan, jejak pencarian di browser HP bisa menjadi sampah yang membebani prosesor. Akibatnya, HP lemot dan cepat panas.

Jadi, hapuslah cache pada browser internet HP secara berkala. Seandainya ada laman yang dirasa penting, maka cukup tandai dan simpan saja.

Jangan Instal Aplikasi Pembersih dari Pihak Ketiga

Ketika membuka toko aplikasi, terutama di Play Store, biasanya ada sugesti untuk mengunduh aplikasi pembersih HP.

Alih-alih membersihkan file yang tidak diperlukan, aplikasi ini justru memuat sampah tersendiri karena aplikasi tersebut selalu berjalan. Lagi-lagi, kinerja prosesor menjadi berat gara-gara harus membuat aplikasi pembersih sampah ini terus 'on'.

Tambah Kartu Memori

Ini opsi terakhir jika pengguna HP tidak mau mengorbankan foto, video, atau aplikasi untuk dihapus. Kartu memori HP (mayoritas MicroSD) bisa menambah ruang penyimpanan data pada HP.

Itulah enam cara mengatasi HP lemot jadi lancar kembali dengan praktis. Tak perlu buru-buru beli HP baru, coba beberapa tips di atas dulu. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

Tak Hanya POCO X6 5G, POCO M6 Pro Juga Hadir ke Indonesia pada 1 Februari 2024