Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Selasa, 29 September 2020 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Belum lama ini, para ilmuwan menggunakan teknologi AI atau Artificial Intelligence untuk merekonstruksi forensik wajah 54 kaisar Romawi. Rekonstruksi ini membuat wajah para kaisar nampak modern.

Beberapa kaisar Romawi seperti Kaisar Caligula, Kaisar Nero hingga Kaisar Hadrian diketahui telah lama menjadi kenangan dan diawetkan dalam berbagai patung dengan ukiran paling detail yang memberikan bayangan mengenai wajah para kaisar ini.

Mengutip Live Science, seorang sinematografer Kanada dan seorang desainer realitas virtual Daniel Voshart mengandalkan teknologi AI dengan mesin pembelajar algoritma komputer mencoba melakukan rekonstruksi forensik wajah.

Dengan teknologi ini, algoritma tersebut mencoba menganalisi sekitar 800 patung untuk dimodifikasi menjadi wajah keseluruhan seperti rambut hingga kulit menjadi sangat realistis dengan penambahan warna yang lebih hidup.

Bukan sembarang patung yang digunakan, untuk melakukan rekonstruksi forensik wajah, para ilmuwan menggunakan patung yang diukir saat kaisar masih hidup sehingga menjadi sangat detail.

Rekonstruksi forensik wajah 54 kaisar Romawi. (Daniel Voshart/The Metropolitan Museum of Art)

Mengenai warna kulit, para ilmuwan berusaha untuk menyamakan warna secara manual menyesuaikan dengan etnis yang tentu saja menyerupai manusia aslinya.

Membuat rekonstruksi forensik wajah tidak dilakukan dengan sembarangan. Pasalnya, para ilmuwan ini perlu melacak semua seni dan teks referensi untuk para kaisar. Menurut para ilmuwan proses rekonstruksi forensik wajah ini membutuhkan waktu 15 jam sampai 16 jam.

Para ilmuwan menjelaskan bahwa dengan mengetahui subjek proses ini dapat memberikan nilai tambah untuk membentuk wajah menjadi yang lebih baik. Biasanya informasi ini berguna untuk mengetahui rambut, kulit hingga bekas luka para kaisar.

Rekonstruksi forensik wajah 54 kaisar Romawi. (Daniel Voshart/The Metropolitan Museum of Art)

Sudah selesai dibuat dengan bantuan teknologi AI, kamu bisa melihat rekonstruksi forensik wajah 54 kaisar ini di situs resmi Voshart.

BACA SELANJUTNYA

Bikin Video TikTok Pertama, Perubahan di Wajah Amanda Manopo Bikin Netizen Pangling