Kamis, 18 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 02 Desember 2020 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apple kena tuntutan di Italia gegara klaim iPhone antiair yang dianggap menyesatkan konsumen. Karenanya, perusahaan ini harus membayar 10 juta euro atau sekitar Rp 170 miliar.

Selama ini perusahaan asal Amerika Serikat ini mempromosikan kemampuan antiair dari iPhone mereka. Namun apa yang dijanjikan selama ini ternyata dianggap rancu.

Dilaporkan CNet, Selasa (1/12/2020), Otoritas Antimonopoli Italia (ACGM) menjatuhkan denda pada Apple karena dianggap menyesatkan publik. Sebab, Apple mengklaim bahwa produk iPhone-nya memiliki ketahanan air pada kedalaman 1 hingga 4 meter.

"Selama bertahun-tahun Apple telah menjual beberapa produk iPhone-nya. Namun mereka gagal mengklarifikasi bahwa itu hanya berlaku dalam keadaan tertentu," tulis Cnet dalam laporannya.

AGCM menyatakan bahwa klaim Apple tersebut hanya berhasil saat dites lewat uji coba di laboratorium. Air yang digunakan juga berbeda dengan air murni yang biasa dipakai sehari-hari.

iPhone 12 Mini. (Apple via The Verge)

Sebagaimana diketahui, Apple menyatakan bahwa seri iPhone mulai dari 8 hingga 11 memiliki kemampuan tahan air pada kedalaman 1 hingga 4 meter hingga 30 menit. Kedalaman air tersebut tergantung dari varian ponsel masing-masing.

Selain itu, AGCM juga mengatakan bahwa Apple dianggap agresif atas kebijakan garansi iPhone meraka dari kerusakan karena air.

Menurut AGCM, kerusakan iPhone tersebut bukanlah bagian dari garansi yang diberikan. Padahal, Apple sendiri mengaku bahwa ponsel yang dijualnya selama bertahun-tahun tersebut memiliki ketahanan pada air.

Ini bukan pertama kalinya Apple berselisih dengan otoritas Italia. Tahun 2018, Apple didenda 5 juta euro (Rp84,9 miliar) karena merilis pembaruan perangkat lunak yang menyebabkan perlambatan pada iPhone seri lama.

Apple sendiri belum memberikan konfirmasi atas sanksi otoritas Italia ini pada klaim iPhone antiair mereka. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Harga iPhone 11 Pro Max Sekarang, Masih Layak Beli?