Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 18 April 2021 | 18:52 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Gelaran pengembang Google I/O 2021 yang berlangsung pada 18 Mei mendatang, salah satu yang diharapkan dari event tersebut adalah perkenalan mengenai fitur di sistem operasi Android 12

Sejauh ini Google masih belum mengumumkan informasi resmi mengenai fitur yang ada di OS tersebut. Meski begitu, beberapa bocoran sudah ditemukan, salah satunya adalah Recycle Bin atau Trash tersembunyi di opsi pengaturan Storage.

Dikutip dari XDA Developers, Minggu (18/4/2021), fitur Trash itu akan muncul di aplikasi Files yang dibuat Google. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa melihat, memulihkan, atau menghapus item secara permanen.

Menurut laporan, file atau item yang sudah dihapus ini akan tersembunyi sementara di File Manager. File ini akan disimpan dalam folder yang sama dengan tempat mereka dihapus sebelumnya, alih-alih menyatukannya langsung ke satu folder yang menampung seluruh sistem file.

Recycle Bin atau trash tersembunyi di opsi pengaturan storage [screen shot XDA Developers].

Jika diperhatikan, ini mirip dengan aplikasi Recycle Bin yang ada di Windows. Aplikasi tersebut berfungsi sebagai wadah yang menampung seluruh data setelah dihapus. Mereka bisa benar-benar menghapus atau memulihkan kembali file tersebut lewat Recycle Bin.

Ide ini bukan pertama kali dihadirkan Google. Tahun lalu, bertepatan dengan peluncuran Android 11, Google telah menghadirkan fitur yang disebut Scoped Storage untuk mengatasi akses penyimpanan.

Meski sudah dihadirkan, fitur yang mirip Recycle Bin saat itu mesti memerlukan aplikasi API tambahan agar lebih optimal seperti menambah, membuka, mengedit, atau menghapus file di penyimpanan smartphone.

Salah satu API ini disebut MediaStore API. Aplikasi menyediakan akses ke file media umum seperti audio, video, hingga gambar.

Tetapi sebelumnya, Android 11 tidak menyediakan folder khusus seperti Recycle Bin atau Trash untuk memulihkan atau menghapus permanen file pengguna. (Suara.com/Dicky Prastya)

BACA SELANJUTNYA

Android 14 Beta 3 Akhirnya Meluncur, Bawa Perubahan Apa Saja?