Rabu, 24 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 16 Juni 2021 | 09:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebagian orang mungkin sering mengisi daya atau mengecas smartphone semalaman agar baterai penuh di pagi hari. Bukannya baterai penuh, orang ini mengalami kejadian tak menyenangkan mengingat HP miliknya justru gosong.

Sebuah akun fanspage @makassar_iinfo membagikan video mengenai sebuah HP yang dikabarkan meledak dan gosong.

Fanspage tersebut membagikan video dari akun bernama @tikariyandaa. Pada keterangan di dalam video, pemilik HP mengklaim bahwa perangkatnya meledak dan gosong setelah diisi daya semalaman.

"Please jadiin pelajaran ya. Aku nge-charge jam 11 malam, kebangun jam 3 pagi tiba-tiba ada suara ledakan dan ternyata HP-ku meledak. Kamar udah bau kebakar dan penuh dengan asap. Nggak tahu HP-nya yang udah tua atau arus listriknya yang nggak stabil. Untungnya aku nggak kenapa-kenapa karena jarak tempat ngecas dan kasurku dekat banget," tulis keterangan di dalam video.

Dilihat dari depan, kemungkinan perangkat merupakan HP dari iPhone 6 series. Meski begitu, banyak netizen yang meragukan dan menyatakan bahwa itu mungkin saja HDC atau barang tiruan.

HP ini gosong setelah dicas sambil ditinggal tidur. (Instagram/ makassar_iinfo)

Ini bukan pertama kali terdapat foto atau video yang memperlihatkan iPhone 6 terbakar. Dikutip dari Phone Arena, seorang wanita bernama Yvette Estrada dari California, Amerika Serikat pernah melaporkan bahwa iPhone 6 Plus miliknya tiba-tiba terbakar saat diisi daya.

Ia mencium bau plastik terbakar dan menemukan bahwa iPhone sudah mengeluarkan asap berwarna hitam. Estrada kemudian mendapatkan unit pengganti dari toko Apple terdekat.

Kasus yang terjadi pada 2016 lalu tersebut mendapat perhatian seiring masalah baterai Samsung Galaxy Note 7 yang juga dilaporkan meledak.

HP ini gosong setelah dicas sambil ditinggal tidur. (Instagram/ makassar_iinfo)

Dikutip dari PCMag, banyak ahli berpendapat bahwa smartphone yang diisi daya semalaman masih aman mengingat arus otomatis akan mati setelah daya baterai mencapai kapasitas maksimum.

"Satu hal yang disepakati oleh semua ahli adalah smartphone cukup pintar sehingga mereka tidak membiarkan kelebihan beban terjadi. Chip perlindungan ekstra di dalamnya memastikan itu tidak terjadi di tablet, smartphone atau bahkan laptop. Ketika baterai lithium-ion internal mencapai 100 persen dari kapasitasnya, pengisian berhenti," tulis PCMag.

Video viral mengenai HP yang gosong setelah dicas semalaman ini memancing beragam pendapat dari netizen.

HP ini gosong setelah dicas sambil ditinggal tidur. (Instagram/ makassar_iinfo)

"Sebenarnya kalau iPhone udah ada fitur stop charge kalau udah 100 persen jadi HP otomatis memutus daya dari chargernya. Rata-rata HP sekarang gitu semua, kalau meledak patut dipertanyakan ke orisinalannya wkwk," kata @f*la*h*us*f_.

"Antara baterai memang sudah kembung (rusak) atau iPhone bukan ori. Di iBox iPhone-nya di cas mulu nggak meletus-meletus," pendapat @f*hr*lb*nci*phot*graf.

"Asli itu saudara, iPhone 6g. Saya tahu soalnya saya teknisi HP. Itu asli dilihat dari LCD dan flexibel kamera. Dan saya lihat dari fisik HP-nya, habis di-service. Mungkin ada yang konslet jadi meledak," balas @d*m*n*dy.

Itulah tadi video viral mengenai HP yang gosong setelah diisi daya semalaman, bagaimana pendapat kalian? (Video bisa dilihat melalui link ini)

BACA SELANJUTNYA

Benarkah Pengguna Android Berbondong-bondong Pindah ke iPhone? Begini Kata Riset