Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 25 Juni 2021 | 09:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Berikut ini cara scan QR Code di HP Android dengan mudah, bahkan tanpa memerlukan aplikasi tambahan bisa kamu lakukan.

Di era digital seperti sekarang ini, kita sudah tidak asing lagi dengan yang Namanya QR Code. QR code adalah teknologi praktis yang semakin banyak digunakan di era serba digital ini dan telah menjadi penting.

QR code adalah singkatan dari quick response code. Kode ini adalah barcode dua dimensi yang bisa memberikan beragam jenis informasi secara langsung. QR code biasanya mampu menyimpan 2089 digit atau 4289 karakter, termasuk tanda baca dan karakter spesial.

Hal ini membuat QR code mampu menampilkan teks pada pengguna, membuka URL, menyimpan kontak ke buku telepon, dan masih banyak lagi.

QR sendiri terdiri dari kotak hitam yang disusun dalam kotak persegi pada latar belakang putih, yang dapat dibaca oleh perangkat pencitraan seperti kamera, dan diproses menggunakan koreksi kesalahan Reed-Solomon hingga gambar dapat ditafsirkan dengan tepat. Data yang diperlukan kemudian diekstraksi dari pola yang ada di komponen horisontal dan vertikal gambar.

Proses scan QR Code tidak memerlukan alat khusus seperti scan barcode. Kamu bisa memanfaatkan smartphone kamu untuk proses scan QR Code. Cara scan QR Code di HP Android sangat mudah. Tak perlu khawatir, cara scan QR Code di HP Android ini tidak memerlukan aplikasi tambahan.

Ilustrasi QR code. (Pixabay)

Cara scan QR Code di HP Android bahkan bisa menggunakan fitur bawaan untuk HP Android terbaru. Berikut Cara scan QR Code di HP Android yang HiTekno rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/6/2021).

Cara Scan QR Code di HP Android Menggunakan Aplikasi Bawaan

Cara scan QR Code di HP Android ini sangat mudah untuk memindai QR Code dengan catatan smartphone Android milikmu harus sudah dilengkapi dengan aplikasi bawaan seperti Scanner atau pemindai.

  1. Bukalah aplikasi Scanner yang ada di Android kamu. Biasanya terdapat pada fitur kamera atau terletak pada pengaturan jendela layar.
  2. Cara scan QR Code di HP Android selanjutnya, fokuskan kamera utama ponsel pintar tersebut pada QR Code yang ingin kamu pindai.
  3. Dalam hitungan detik, kamu akan dialihkan ke halaman hasil yang berupa sebuah tautan atau portal. Untuk mengetahui lebih lanjut informasi apa yang sebenarnya ingin disampaikan oleh QR Code, kamu bisa menekan tombol “Go to Website”.
  4. Setelah itu, kamu akan menuju mesin pencarian dan berkunjung ke portal dari hasil QR Code tadi.

Cara Scan QR Code di HP Android Menggunakan Google Lens

Khusus untuk pengguna HP Android, kamu juga bisa memanfaatkan salah satu fitur dari Google Assistant, yakni adalah Google Lens untuk memindai barcode dan QR code.

  1. Pastikan ponselmu support pemasangan aplikasi Google Lens.
  2. Setelah HP sudah terpasang Google Lens, buka aplikasi tersebut.
  3. Pada halaman aplikasi Google Lens, kamu akan menemukan beberapa menu antara lain Translate, Text, Search, Homework, Shopping, Place, dan Dining. Dikarenakan ingin mengetahui informasi secara umum atau general maka pilihlah opsi Search atau pencarian.
  4. Kemudian, dekatkan ponselmu yang sudah terbuka aplikasi Google Lens pada QR Code produk.
  5. Secara otomatis aplikasi tersebut akan fokus pada QR Code dan tekan ikon lup yang bernama “Tap the shutter button to search”.
  6. Cara scan QR Code di HP Android selanjutnya akan muncul beberapa informasi mengenai produk tersebut dari Google.

Itulah cara scan QR Code di HP Android berbagai alternatif yang bisa kamu coba dan pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Selain itu kamu juga bisa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa kamu temui secara gratis di Play Store. Selamat mencoba.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

BACA SELANJUTNYA

Apple Mulai Perbarui Aplikasi Health, Fitur Lebih Interaktif