Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 24 Juli 2021 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apple diperkirakan dapat merilis MacBook Air dengan layar Mini LED 13,3 inci pada 2022. Kabar ini datang dari seorang analis dan leaker populer Ming-Chi Kuo.

Prediksi ini sejalan dengan laporan Kuo sebelumnya, tetapi menawarkan rentang waktu yang lebih spesifik. Analis dari TF International Securities tersebut memperkirakan bahwa MacBook Air dengan layar Mini LED 13,3 inci dapat hadir sekitar pertengahan tahun 2022.

Itu berarti MacBook Air baru memiliki layar yang sedikit lebih kecil dibandingkan MacBook Pro 14 dan 16 inci. Kedua perangkat yang disebutkan tadi diharapkan meluncur pada 2021.

Mini LED adalah teknologi baru dari layar yang dirancang untuk menawarkan beberapa manfaat OLED. Layar dapat menawarkan tingkat kontras lebih baik dan meningkatkan rentang dinamisnya, tanpa risiko terbakar.

Teknologi tersebut memulai debut pada iPad Pro 12,9 inci (2021). Dilansir dari The Verge, Kuo sebelumnya memperkirakan bahwa beberapa perangkat dari Apple akan bermigrasi pada teknologi layar baru.

MacBook Air 2020. [Apple]

Beberapa perangkat yang dimaksud adalah iMac Pro 27 inci, MacBook Pro 14,1 inci, MacBook Pro 16 inci, iPad 10,2, dan iPad Mini 7,9 inci. Apple dapat memasukkan lebih banyak tampilan premium karena penghematan biaya yang terkait dengan penggunaan silikonnya sendiri, menurut klaim Kuo.

Laporan dari GSMArena pada awal Juli lalu, Apple menghabiskan biaya 200 juta dolar AS atau setara dengan Rp 2,9 triliun untuk menghadirkan peningkatan di sektor produksi Mini LED.

Bahkan peningkatan produksi Mini LED untuk MacBook Pro mendatang diprediksi melonjak 700.000 sampai 800.000 unit.

MacBook Pro 15 inci. [Shutterstock]

Bersamaan dengan teknologi layar baru, MacBook Air yang akan datang dilaporkan bakal menampilkan pengisian daya MagSafe. Desain pengisian daya akan lebih tipis dan ringan dibandingkan pengisian daya sebelumnya.

MacBook Air anyar diharapkan ditenagai oleh "penerus langsung" prosesor M1 tahun ini. Chip baru tersebut dikatakan mencakup jumlah core CPU yang sama, berjalan lebih cepat, dan peningkatan jumlah core GPU.

Prosesor M1 saat ini tersedia dengan tujuh atau delapan core GPU, sedangkan model baru dilaporkan bakal menyertakan 9 atau 10 core. Cukup menarik menantikan hal-hal apa saja yang ditambahkan oleh Apple pada MacBook Air 2022 mendatang.

BACA SELANJUTNYA

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip5, Resmi di Indonesia