Sabtu, 28 Januari 2023
Agung Pratnyawan : Minggu, 25 Juli 2021 | 17:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - MIUI 13, antarmuka baru yang disiapkan Xiaomi untuk smartphone mereka masih menyimpan banyak misteri. Namun mulai bermunculan bocoran baru mengungkap fitur menarik yang akan diusungnya.

Dalam bocoran baru, Xiaomi akan menyematkan fitur fitur ekspansi RAM virtual untuk sejumlah smartphone melalui update MIUI 13.

Dilaporkan Gizchina, seorang sumber yang tidak disebutkan namanya di China telah membeberkan informasi mengenai fitur baru antarmuka MIUI 13. Yakni fitur ekspansi RAM virtual yang memungkinkan peningkatan sampai 3 GB.

Ekspansi virtual yang dimaksud, memberikan kapasitas tambahan sampai 3 GB ketika smartphone mulai kekruang RAM. Sangat berguna bagi perangkat kehabisan RAM namun ingin menjalankan aplikasi haus memori.

Menurut sumber ini, fitur ekpansi RAM ini akan hadir pada posel Xiaomi yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 888, Snapdragon 870, dan Snapdragon 865 melalui pembaruan MIUI 13 mendatang.

Ilustrasi logo Xiaomi. (Xiaomi)

Meski bukan RAM asli, namun fitur ini diklaim mampu membantu smartphone untuk menjalankan lebih banyak aplikasi. Memori tambahan tersebut sayangnya hanya didapatkan pada smartphone dengan chipset kelas atas.

Fitur serupa sudah dihadirkan brand smartphone lain, yakni Vivo. Dengan fitur Extended RAM, sejumlah smartphone Vivo mendapatkan tambahan memori untuk mejalankan aplikasi sampai 3 GB. Fitur ini hadir ke Vivo X60 dan X60 Pro.

Sayangnya fitur ini diduga tidak hadir ke perangkat entry-level yang memang punya RAM kecil. Namun pada kelas atas, yang notabene sudah memiliki RAM besar.

Fungsi yang serupa akan dibawa Xioami ke dalam MIUI 13 seperti dalam bocoran terbaru. Sayangnya belum ada informasi lebih detail mengenai fitur ini dari perusahaan teknologi dari China tersebut.

Kita nantikan saja seperti apa fitur ekspansi RAM virtual yang ditawarkan Xiaomi saat MIUI 13 diluncurkan nanti. 

BACA SELANJUTNYA

Pengguna HP Spesial Ini Bakal Dapat Jatah Pertama MIUI 14, Bikin Ngiler