Sabtu, 03 Desember 2022
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 28 Juli 2021 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Menggambar ilustrasi merupakan kegiatan karya seni rupa berupa menggambar dengan tujuan untuk memperjelas ide cerita atau narasi. Ilustrasi tersebut nantinya akan berfungsi untuk memperkuat, memperjelas, mempertegas, dan memperindah suatu cerita. Untuk menggambar ilustrasi, kamu bisa menggunakan dua teknik menggambar yang berbeda, yaitu teknik kering dan teknik basah.

Menggambar dengan teknik kering dan teknik basah memiliki alat dan bahan yang berbeda. Namun di era digital seperti sekarang ini membuat ilustrasi bisa dilakukan dengan komputer atau smartphone. Aplikasi membuat ilustrasi banyak ditemukan di luar sana. Apalagi, menggambar sekarang bisa dijadikan salah satu cara menghabiskan waktu di rumah.  

Buat kamu yang tertarik menjadi seorang ilustrator atau desainer grafis tentunya diperlukan kemampuan menggambar yang mumpuni. Kamu bisa berlatih dengan 8 aplikasi membuat ilustrasi yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Tablet Advan Tab Sketsa. (Advan)

1. Adobe Photoshop Sketch
Aplikasi membuat ilustrasi untuk pemula yang satu ini berasal dari keluarga Adobe. Jadi, tidak perlu dipertanyakan lagi seperti apa kualitasnya. Adobe Photoshop Sketch memiliki interface yang bersih dan menarik. Oleh karena itu, aplikasi membuat ilustrasi yang satu ini sangat cocok digunakan oleh pemula karena cukup simple.

Lewat aplikasi membuat ilustrasi ini kamu bisa mencoba membuat sketsa atau menambahkan komponen digital dalam karyamu. Sayangnya, tidak ada fitur seperti animasi sehingga kamu harus menggunakan aplikasi lain jika ingin menambahkan sebuah animasi. Jika kamu tertarik mencoba aplikasi ini, jangan khawatir karena sudah dapat diakses melalui perangkat Android dan iOS.

2. Adobe Illustrator Draw
Adobe memang dikenal memiliki sejumlah aplikasi yang khusus digunakan untuk membuat desain, salah satunya adalah Illustrator Draw. Namun, Illustrator Draw juga bisa dimanfaatkan untuk pemula yang baru mencoba belajar menggambar secara digital. Aplikasi membuat ilustrasi pemula ini memang memiliki desain yang sederhana sehingga akan lebih mudah digunakan oleh orang yang masih belajar.

Illustrator Draw akan membantumu membuat grafis vektor dengan mudah. Sayangnya, aplikasi ini memiliki penyimpanan yang terbatas. Jika ingin menambah jumlah penyimpanan harus mengeluarkan biaya bulanan tambahan. Adobe Illustrator Draw sudah bisa digunakan di perangkat berbasis Android atau iOS.

3. Inspire Pro
Aplikasi membuat ilustrasi untuk pemula yang harus kamu coba selanjutnya adalah Inspire Pro. Aplikasi membuat ilustrasi ini memang ditujukan untuk para pemula sehingga fokusnya memang untuk digunakan belajar menggambar secara digital saja. Meski begitu, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan banyak tools yang mudah digunakan dan cukup lengkap. Memiliki harga 9,99 dolar AS atau sekitar Rp146.000, kamu sudah bisa mendapatkan seluruh fitur untuk belajar menggambar dari aplikasi ini. Sayangnya, Inspire Pro hanya bisa digunakan di perangkat dengan sistem operasi iOS saja.

4. Procreate
Procreate juga menjadi salah satu aplikasi gambar digital untuk pemula yang bisa kamu gunakan untuk mengasah kemampuan menggambar. Salah satu keunggulan dari aplikasi yang satu ini adalah adanya kumpulan tutorial yang bermanfaat.  Jadi, saat kamu benar-benar awam dengan dunia menggambar secara digital, tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya, kamu bisa mempelajarinya dengan mudah lewat tutorial yang disediakan oleh aplikasi ini.

Selain itu, Procreate juga memiliki fitur yang memudahkan penggunanya belajar membuat gambar animasi dan ilustrasi yang simple. Aplikasi membuat ilustrasi pemula ini tidak gratis dan hanya bisa digunakan di perangkat iOS saja. Jika kamu tertarik menggunakannya, persiapkan anggaran sebesar 9,99 dolar AS atau sekitar Rp146.000 untuk bisa menggunakannya.

5. Assembly
Assembly memiliki interface yang sederhana dan bersih. Kemudian, terdapat tools yang cukup lengkap untuk membuat gambar misalnya typography tools serta vector SVG tools. Aplikasi membuat ilustrasi ini tidak menerapkan model pembelian satu kali karena berbasis langganan per tahun untuk versi yang pro. Namun, untuk versi Assembly yang basic kamu bisa menikmatinya dengan gratis dan hanya tersedia untuk perangkat iOS saja.

6. ArtFlow
ArtFlow adalah salah satu aplikasi menggambar yang lebih mendalam. Aplikasi membuat ilustrasi ini menawarkan 70 kuas, noda, dan alat lainnya untuk membuat karya seni menarik.

7. Paper Color
Paper Color adalah salah satu aplikasi menggambar yang mencoba meniru kehidupan nyata semaksimal mungkin. Aplikasi membuat ilustrasi Paper Color membawa dasarnya seperti jenis kuas yang berbeda, sehingga bisa menggambar sesuka Anda.  Sesuatu yang membedakannya adalah fitur tracing-nya. Kamu bisa mengimpor foto dan mengaturnya ke mode tembus cahaya.

8. RoughAnimator
Rough Animator adalah aplikasi menggambar yang memungkinkan kamu membuat animasi. Aplikasi membuat ilustrasi ini memungkinkan kamu membuat animasi penuh. Aplikasi membuat ilustrasi ini mencakup fitur untuk mengontrol frekuensi gambar dan resolusi bersama dengan beberapa alat gambar sederhana juga.

Itulah beberapa aplikasi membuat ilustrasi untuk pemula yang bisa kamu coba gunakan untuk mengasah skill menggambar.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

BACA SELANJUTNYA

Postingan Lebih Rapi, Ini Ragam Ukuran Story Instagram