Kamis, 25 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 04 Agustus 2021 | 11:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Fitur kamera merupakan salah satu nilai jual pada smartphone. Desain paten HP Vivo dengan kamera superzoom anti mainstream diketahui telah bocor ke publik.

Blog teknologi Let'sGoDigital bersama desainer grafis Technizo Concept mengunggah render berdasarkan desain paten Vivo yang telah terdaftar di World Intellectual Property Office (WIPO).

Vivo rupanya telah mengajukan paten rangkaian "modul kamera, peralatan elektronik, dan metode kontrol modul kamera" pada awal tahun ini ke WIPO.

Dokumen setebal 23 halaman tersebut akhirnya dirilis pada 29 Juli lalu. Desain paten menggambarkan HP Vivo dengan kamera pop-up ultra-telefoto.

Dilansir dari Gizchina, dokumen yang memuat desain paten HP Vivo menunjukkan bahwa smartphone saat ini hanya mendukung "fungsi zoom rendah". Terkait hal tersebut, desain paten HP Vivo anyar diklaim dapat mencapai "fungsi zoom tinggi".

Dengan kata lain, Vivo berharap dapat membuat HP yang memiliki rentang zoom lebih besar melalui desain paten sistem kamera miliknya. Perusahaan sendiri sudah memiliki smartphone dengan kamera zoom yang cukup baik.

Vivo X30 Pro misalnya, perangkat memiliki dua lensa telefoto dengan zoom 5x dan 2x. Ponsel ini memiliki sistem kamera pop-up, namun kamera tidak menghadap ke depan. Sebaliknya, itu menghadap ke belakang.

Dengan kata lain, kamera belakang dimasukkan ke dalam sistem pop-up, dan kamera depan ditempatkan di bawah layar. Beberapa lensa ditempatkan dalam satu modul yang memanjang keluar.

Vivo X30 [screen shot: GSM Arena].

Sistem kamera pop-up memiliki empat modul yang dapat diperluas. Ini mirip dengan struktur trapesium, dengan lensa ekstra meluncur setiap kali kamera naik ke atas.

Lensa di bawah akan selalu tersedia, dan pengguna dapat memperluas lensa lebih lanjut sesuai kebutuhan. Mengingat ini masih desain paten, masih belum diketahui apakah perusahaan akan mengenalkan prototipe-nya.

Cukup menarik apabila kamera pop-up superzoom milik Vivo tersebut dapat tersedia secara komersial. Deretan gambar desain paten yang lebih lengkap bisa dilihat melalui link ini. 

BACA SELANJUTNYA

Pentingnya CCTV untuk Amankan Area Townhouse