Rabu, 22 September 2021
Agung Pratnyawan : Minggu, 15 Agustus 2021 | 14:52 WIB

Hitekno.com - Amazfit kerap menawarkan solusi smartwatch dengan fitur lengkap, namun memiliki harga yang terjangkau. Soal jam tangan pintar dengan harga terjangkau dan fitur lengkap, simak review Amazfit Bip U dari HiTekno.com berikut ini.

Dengan banderol di bawah Rp 1 juta, Amazfit Bip U mulai dipasarkan di Indonesia sejak akhir 2020 silam. Kini sudah bisa didapatkan di berbagai ecommerce ternama.

Desain dan Material

Amazfit Bip U. (HiTekno.com)

Amazfit Bip U mengusung desain sporty, tersedia dalam tiga pilihan warna. Yakni Hitam, Hijau, dan Merah Muda. Mengusung layar IPS berukuran 1,43 inci dengan kaca anti gores 2.5D dan resolusi 302x302 piksel.

Sayangnya memang panel layar yang diusung belum AMOLED melainkan IPS. Meski begitu, layar ini masih cukup terang dan jelas untuk dilihat di bawah terik matahari.

Smartwatch ini memiliki body berbahan polikarbonat berukuran 40.9 x 35.5 x 11.4 mm dan bobot 31 gram. Sedangkan strap berbahan silikon dan telah memakai mekanisme yang mudah untuk melepas dan menggantinya.

Secara desain perangkat ini tampil dengan sederhana dan sporty. Hanya dilengkapi dengan satu tombol di samping, namun tetap memudahkan dalam pengoperasian dan mengakses fitur dalam menu-menunya.

Dengan satu tombol ini bisa digunakan untuk membangunkan layar, tekan sekali mengakses app list, tekan tahan untuk membuka mode aktivitas, juga digunakan untuk kembali ke menu sebelumnya. Juga dikombinasikan dengan swipe layar untuk membuka notifikasi dan menu lainnya.

Di bagian belakang kita bisa melihat ada sensor yang disematkan pada Amazfit Bip U. Yakni BioTracker 2 PPG Biological Optical Sensor, yang bisa digunakan untuk memantau kondisi tubuh pengguna.

Fitur

Amazfit Bip U. (HiTekno.com)

Mode olahraga jadi salah satu daya tarik Amazfit Bip U ini. Karena tersedia sekitar 60 mode olah raga baik dalam maupun luar ruangan. Mulai dari Yoga, lari, badminton, tradmill, skipping, dan masih banyak lainnya.

Segala aktivitas ini bisa dipantau dan terkam melalui aplikasi Zeep yang telah tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Dan aplikasi ini jadi penting bagi pengguna, dan hanya melalui Zeep bisa dihubungkan ke smartphone.

Melalui aplikasi Zeep tidak hanya untuk sinkronisasi data aktivitas dan notifikasi, namun juga memberikan opsi lain. Seperti set alarm, prakiraan cuaca, remote control kamera, timer, hingga notifikasi duduk terlalu lama, prakiraan cuaca, hingga penemuan smartphone.

Hal menarik lain dari Amazfit Bip U ini adalah kemampuan dalam pemantuan kesehatan pengguna. Yakni dengan adanya BioTracker 2 PPG Biological Optical Sensor dan OxygenBeats. Yang mampu mengukur detak jatung dan kadar oksigen dalam darah.

Berkat BioTracker 2 PPG, smartwatch ini mampu memantau detak jantung pengguna secara realtime 24/7. Juga tersedia pemantauan secara berkala, mulai dari 1, 5, 10, 30 menit, hingga secara manual.

Sedangkan pemantuan kadar oksigen dalam darah hanya bisa dilakukan secara manual. Sayangnya untuk bisa melakukan pengukuran, dibutuhkan waktu yang cukup lama. Yakni sekitar 40 detik dan mengharuskan mengencangkan smartwatch.

Selain itu, Amazfit Bip U juga punya fitur memantau stres, mengukur jumlah langkah, memberitahu terlalu lama dudu, hingga membantu latihan pernapasan, hingga merekomendasikan untuk riles dan beristirahat. Untuk pengguna wanita, smartwatch ini juga punya fitur untuk pencatatan menstruasi.

Konektivitas dan Sistem

Amazfit Bip U. (HiTekno.com)

Amazfit Bip U ini menjalankan sistem operasi RTOS. Smartwatch ini bisa dikoneksikan dengan smartwatch Android 5.0 ke atas dan iOS 10.0 ke atas. Koneksinya melalui Bluetooth yang telah mendukung versi 5.0.

Untuk menghubungkan ke smartphone, bisa dimudahkan dengan scan QR code dari layarnya. Juga bisa melakukan pairing Bluetooth secara manual ke aplikasi Zeep. Melalui aplikasi ini pula bisa digunakan untuk menambahkan Watch Face guna mengubah tampilannya.

Baterai

Amazfit Bip U. (HiTekno.com)

Amazfit menyematkan baterai 230 mAh pada smartwatch ini, yang diklaim bisa bertahan untuk pemakaian selama 9 hari. Namun tergantung dari cara dan fitur apa saja yang digunakan oleh pengguna.

Dalam pengujian HiTekno.com, baterai Amazfit Bip U dari 50 persen bisa bertahan lebih dari tiga hari untuk skenario notifikasi, aktivitas olahraga, kualitas tidur dan sesekali pemantauan kadar oksigen.

Untuk pengisian daya, Amazfit Bip U hadir dengan charger magnetik ke body belakang smartwatch ini. Meski tidak memberikan kepala charger, namun karena sudah memakai port USB tetap mudah mendapatkan sumber pengisian daya.

Dengan kabel USB yang ada dalam charger magentik ini bisa dihubungkan ke charger smartphone, laptop, power bang. Dan pengisiannya pun cukup cepat, dari habis sampai 100 persen hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja.

Amazfit Bip U. (HiTekno.com)

Kelebihan

  • Harga terjangkau
  • Desain simpel dan stylish
  • Kaya fitur dan mode latihan
  • Mudah dioperasikan

Kekurangan

  • Bezel tebal
  • Tidak ada GPS bawaan
  • Layar belum AMOLED

Kesimpulan

Hasil review Amazfit Bip U yang dilakuka HiTekno.com, menemukan perangkat ini hadir sebagai solusi smartwatch terjangkau namun kaya fitur. Tidak hanya pada mode latihan, namun juga pada pemantauan kondisi tubuh pengguna.

Amazfit Bip U cocok untuk kamu yang mencari smartwatch sporty, sebagai teman latihan. Kamu bisa mendapatkan smartwatch ini dengan harga norma Rp 999.000, namun saat review Amazfit Bip U dibuat ada diskon yang membuatnya bisa dibeli dengan harga Rp 639.000.

BACA SELANJUTNYA

Apple Pimpin Pasar Smartwatch Global, Seri Ini Paling Laris