Senin, 06 Desember 2021
Agung Pratnyawan : Selasa, 14 September 2021 | 18:00 WIB

Hitekno.com - Selancar di internet merupakan kegiatan yang banyak dilakukan di era digital seperti sekarang ini. Berselancar di internet biasanya dilakukan di smartphone maupun PC. Sudah coba browser paling ringan untuk laptop agar mendapatkan pengalaman berselancar terbaik?

Agar pengalaman berselancar semakin nyaman, kamu pun membutuhkan dukungan browser yang mumpuni. Secara sederhana brower bisa diartikan sebagai sebuah program yang dirancang secara khusus untuk digunakan ketika berselancar di internet.

Namun, perlu diingat bahwa banyak browser atau peramban populer yang dapat menghabiskan banyak RAM.  Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan browser paling ringan untuk dipasang agar tidak terlalu membebani laptop.

Hal ini bisa membuat laptop kita menjadi lemot sat melakukan pencarian. Solusi permasalahan tersebut hanya ada dua, yaitu: upgrade spek laptop/PC, atau beralih menggunakan browser yang lebih hemat RAM.

Tak perlu buru-buru mengganti laptop atau upgrade PC. Ada beberapa pilihan browser ringan untuk laptop yang bisa kamu gunakan. Bahkan, secara kualitas, browser tersebut tidak kalah cepat dan terbukti sangat menghemat memory. Sangat Cocok dipakai pada laptop dengan besaran RAM 2GB.

Berikut browser paling ringan untuk laptop yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Opera Browser

Browser Opera. (Opera)

Opera browser adalah salah satu browser paling ringan untuk laptop terkenal di kalangan jagat internet. Pasalnya, selain populer pada platform web, peramban web ringan untuk windows ini juga dikenal populer sebagai mobile browser di perangkat Android, iOS, dan bahkan SymbianOS milik Windows.

Salah satu fitur unggulan Opera browser adalah Battery Saver, dimana fitur ini mampu memberikan pengalaman menjelajah internet lebih lama untuk pengguna.

Fitur block Ads yang menjadi bawaan browser, diklaim mampu menampilkan halaman yang bebas dari iklan yang sering membuat browser menjadi lambat.

2. Mozilla Firefox Quantum

Mozilla Firefox versi terbaru. (mozzila.org)

Browser paling ringan untuk laptop ini dinilai telah banyak mengalami perubahan yang signifikan. Merombak sekitar 75% source code pada engine webnya, mozilla firefox quantum menawarkan kecepatan berselancar di dunia maya 2x lebih cepat dari pada firefox biasa.

Selain lebih cepat pada saat di gunakan untuk tab stacking, mozilla firefox quantum tetap berjalan dengan stabil. Didukung dengan desainnya yang cantik, peramban web ini juga lebih hemat penggunaan RAM dan bahkan 30% lebih ringan dari google chrome.

Browser paling ringan untuk laptop ini bisa beradaptasi dengan baik pada laptop spek rendah dengan RAM 2GB.

3. Safari

Browser Safari. (Apple)

Browser ini tentunya tidak asing bagi para pengguna produk-produk Apple. Browser paling ringan untuk laptop yang satu ini tidak hanya tersedia untuk PC namun juga ada di iPhone.

Safari memiliki kemampuan untuk menjelajah internet dengan cukup cepat sehingga akan sangat memuaskan para penggunanya.

4. Microsoft Edge

Microsoft Edge

Browser paling ringan untuk laptop ini merupakan browser default di Windows 10 yang tidak tersedia di sistem operasi Windows lama (sebelumnya). Hal ini karena Microsoft mempunyai dua browser dan kedua-duanya berjalan yaitu Internet Explorer dan Microsoft Edge. 

Seharusnya pihak Microsoft menjadikan Edge ini sebagai browser utama dan terus mengembangkan browser ini supaya menjadi lebih ramah lagi.

Edge ini hadir dan langsung tergabung pada Windows 10, ini merupakan titik kuat dari browser Microsoft Edge. Browser paling ringan untuk laptop ini berjalan dengan baik pada aplikasi modern, dapat bekerja juga pada mode tablet Windows 10, serta bekerja dengan Cortana.

Microsoft Edge ini sangatlah nyaman untuk digunakan. Browser ini super cepat, mode bacaannya juga terintegrasi yang membuat situs rumit jadi lebih enak untuk dibaca.

Microsoft juga memastikan bahwa Edge ini tidak akan mengalami pelanggaran keamanan. Jadi kalian yang sangat memperhatikan keamanan akan cocok menggunakan browser ini.

Yang membuat Edge ini tidak disukai adalah karena browser ini sangat memaksa para penggunanya untuk memakai browser Edge di perangkat Windows 10.

Itulah 6 browser paling ringan untuk laptop. Kamu bisa browsing menggunakan browser secara aman dengan aplikasi antivirus di laptop, supaya tetap terlindungi.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

BACA SELANJUTNYA

Galaxy Watch 4 Kini Mendukung Samsung Internet Browser