Senin, 06 Desember 2021
Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 20 September 2021 | 11:15 WIB

Hitekno.com - Tingkat kesehatan baterai laptop biasanya dapat menurun seiring berjalannya waktu. Berikut ini kami akan memberikan tips atau cara cek kesehatan baterai laptop dengan deretan langkah mudah.

Langkah yang diberikan di bawah ini merupakan tips untuk mengecek status baterai di laptop atau PC Windows. Statistik yang ada pada deskripsi baterai membuat Anda dapat mengetahui siklus, kapasitas, hingga masa pakai baterai.

Kita dapat mengetahui "Battery Report" atau semacam laporan mengenai spesifikasi baterai. Berikut cara cek kesehatan baterai laptop di Windows 10:

  1.  Arahkan kursor ke tombol Start, kemudian klik kanan.
  2. Pilih Windows PowerShell (Admin)
  3. Apabila notifikasi User Account Control muncul, klik opsi Yes.
  4. Pilihan Yes akan membuka secara otomatis menu Windows Power Shell.
  5. Ketik atau copy paste-kan perintah berikut: powercfg /batteryreport /output "C:\battery-report.html"
  6. Klik Enter. Jika perintah berhasil diterima, maka Power Shell akan menampakkan tulisan berikut: "Battery life report saved to file path C:\battery-report.html."
    Cara cek kesehatan baterai laptop. (HiTekno)
  7. Kalian perlu mencari file HTML di Drive C. Anda dapat mengaksesnya dengan mengetik "This PC" pada opsi pencarian di Windows.

 

File HTML dengan nama "Battery-Report" akan muncul di bagian paling bawah folder yang ada. Anda perlu melakukan klik dua kali pada file tersebut. Dikutip dari Windows Central, Battery-Report yang dihasilkan oleh program PowerShell akan memberikan semua statistik terkait baterai laptop.

Cara cek kesehatan baterai laptop. (HiTekno)

Dalam laporan, kalian dapat mengetahui bagaimana pengurasan baterai dalam tiga hari terakhir, perkiraan rata-rata masa pakai baterai, dan statistik lainnya.

Melalui menu Battery Capacity History, kita bisa menyaksikan bagaimana potensi kapasitas baterai telah berubah seiring berjalannya waktu. Apabila penurunan nampak signifikan, maka itu artinya baterai Anda sedang tidak baik-baik saja.

File Battery-Report juga dapat mengungkapkan berapa lama estimasi masa pakai baterai melalui menu Battery Life Estimate. Scroll terus ke arah bawah, terdapat informasi mengenai berapa lama baterai dapat bertahan dalam posisi terisi penuh serta info tentang kapasitas desainnya.

Itulah tadi cara cek kesehatan baterai laptop Windows 10 dengan memanfaatkan program PowerShell, langkahnya mudah sekali bukan?

BACA SELANJUTNYA

Cara Membuat, Menambah, Menghapus dan Merapikan Tabel di Microsoft Word