Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 23 September 2021 | 16:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kamu perlu memiliki aplikasi kelola keuangan untuk menghindari sifat boros. Sebab dengan aplikasi kelola uang, maka pemasukan dan pengeluaran  akan tercatat dengan rapi.

Salah satu skill yang harus dimiliki oleh milenial saat ini adalah kecerdasan finansial, termasuk dalam mengelola keuangan.

Sebab tanpa pengelolaan keuangan yang baik, kamu akan mudah terjerumus ke dalam sifat boros. Biasanya, milenial usia 22 tahun ke atas sudah memiliki pendapatan sendiri.

Akan tetapi, gaya hidup terkadang membuat gaji keluar tanpa tahu buat apa. Tentu ini akan merugikan, terutama pada akhir bulan.

Sebab ketika uang kamu habis sebelum akhir bulan, situasimu akan serba repot. Meminta bantuan dana kepada orang tua, sudah tidak pantas, namun mau hidup pun pas-pasan.

Oleh sebab itu, pandai-pandailah mengatur keuangan agar tidak menyesal di kemudian hari.

Semakin canggihnya teknologi, membuat cara kamu dalam mengatur keuangan akan semakin dipermudah. Dengan aplikasi kelola keuangan, kamu bahkan bisa merapikan dan mengelola keuangan dengan baik lewat berbagai aplikasi yang tersedia di gadget. 

Dengan aplikasi kelola keuangan, kamu tidak harus repot-repot mengira-ngira berapa uang yang harus kamu keluarkan tanpa harus menguras dompet kamu. 

Berikut ini tim Hitekno.com telah merangkum enam aplikasi kelola keuangan terbaik khusus untuk kamu.

Money Lover

Aplikasi Kelola Keuangan - Money Lover. (Google Play Store)

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang ditujukan buat kamu yang cinta uang. Maksudnya adalah merasa sayang jika uang harus keluar tapi tidak pada kebutuhan yang pas.

Dengan aplikasi ini kamu dapat membuat batasan anggaran sesuai keinginan kamu. Ketika pengeluaran kamu sudah melewati batas, aplikasi Money Lover ini akan memberi notifikasi. 

Bukan hanya itu, aplikasi Money Lover juga akan memberi saran kepada kamu tentang batas pengeluaran ideal kamu setiap bulannya.

Saku UangKu

Aplikasi Kelola Keuangan - Saku Uangku. (Google Play Store)

Aplikasi yang satu ini cocok banget untuk orang-orang yang belum pernah menggunakan aplikasi pengatur uang.

Dengan fitur yang terperinci serta terstruktur dan dikemas dengan sederhana, para pemula tidak akan kesulitan untuk mengoperasikan aplikasi ini.

Ketika kamu menggunakan aplikasi ini, maka kamu akan diminta memasukkan jumlah pendapatan dan tabungan yang kamu inginkan setiap bulan.

Secara otomatis akan menganjurkan berapa batas uang yang bisa kamu keluarkan setiap harinya untuk mencapai target yang kamu ingin capai.

Monefy

Aplikasi Kelola Keuangan - Monefy. (Google Play Store)

Untuk kamu yang memiliki beragam kebutuhan, kamu bisa memanfaatkan aplikasi kelola uang bernama Monefy.

Tidak seperti aplikasi kelola uang kebanyakan, Monefy memungkinkan kamu membuat lebih dari satu akun.

Aplikasi keuangan ini secara otomatis akan menghitung persentase pengeluaran tiap kategori setiap hari hingga setiap tahun.

Satu-satunya kelemahan dari aplikasi ini adalah banyaknya iklan. Namun kamu bisa mengatasinya dengan upgrade aplikasi ke versi premium.

Wallet

Aplikasi Kelola Keuangan - Wallet. (Google Play Store)

Kalau aplikasi yang satu ini benar-benar punya cara kerja yang praktis layaknya milenial. Wallet memiliki fitur yang bisa menghubungkan transaksi dan saldo bank yang kamu gunakan.

Meski cara kerjanya hampir mirip dengan dompet digital pada umumnya, namun aplikasi ini bakal membantu kamu untuk menghemat uang.

Sebab Wallet akan memberi peringatan jika batas pengeluaran kamu sudah masuk ke dalam fase boros.

Keuangan Keluargaku

Aplikasi Kelola Keuangan - Keuangan Keluargaku. (Google Play Store)

Buat kamu yang sudah berkeluarga, tampaknya kamu perlu memiliki aplikasi kelola keuangan bernama Keuangan Keluargaku.

Keunggulan utama dari aplikasi ini adalah bisa digunakan bersama istri atau suami secara realtime, sehingga mengelola keuangan menjadi lebih transparan. Tak hanya itu, aplikasi ini juga didesain sangat sederhana dan mudah digunakan.

TemanBisnis

Aplikasi Kelola Keuangan - TemanBisnis. (Google Play Store)

Nah, kalau aplikasi yang satu ini sangat direkomendasikan buat kamu yang sedang atau akan mengelola sebuah bisnis.

Aplikasi yang satu ini bisa mengakomodasi kebutuhan dalam melakukan pencatatan keuangan bisnis yang sedang dijalankan.

Yang terbaik dari aplikasi ini adalah kamu bisa mencatat transaksi utang atau kredit dan menghitung laba/kerugian bisnis kamu dalam kurun waktu tertentu.

Dari deretan aplikasi kelola keuangan di atas, mana yang akan kamu pilih untuk jadi teman kelola uangmu?

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Aplikasi Kalender Jawa, Memudahkan Penanggalan