Senin, 29 November 2021
Agung Pratnyawan : Sabtu, 25 September 2021 | 10:30 WIB

Hitekno.com - Inilah aplikasi desain grafis yang dapat membantu kamu dalam mengolah foto ataupun gambar di laptop kamu. Kamu juga dapat menggunakannya sebagai kanvas lukis untuk membuat desain yang kamu inginkan.

Desain grafis saat ini sudah sangat berkembang dalam dunia digital. Kamu tidak perlu lagi menggunakan tinta ataupun menghabiskan kertas untuk membuat suatu karya berupa gambar.

Kamu hanya perlu menggunakan rekomendasi aplikasi desain grafis berikut :

Adobe Photoshop

Photoshop merupakan aplikasi dari Adobe yang paling populer saat ini dalam mengolah foto ataupun gambar. Photoshop menawarkan beragam fungsi dan fitur yang dapat kamu gunakan untuk mengedit ataupun memberikan efek pada gambar atau foto.

Beberapa efek atau fitur yang sering digunakan adalah memotong dan menghapus gambar, menyatukan gambar, manipulasi warna, hingga menggambar objek menggunakan fitur pensil yang dimiliki. Photoshop juga mendukung beragam format gambar yang bisa kamu pilih saat menyimpan gambar kamu, tapi secara default Photoshop memiliki ekstensi PSD pada filenya.

Adobe Illustrator

Illustrator adalah salah satu aplikasi yang juga diproduksi oleh Adobe yang dapat kamu gunakan untuk pembuatan ilustrasi vector. Illustrator lebih menitikberatkan fungsi pembuatan gambar berbasis vektor maupun garis 2D. Meskipun di Adobe Photoshop kamu juga bisa menggambar vektor, namun, Illustrator lebih memiliki fitur yang mumpuni.

Selain itu, Ilustrator yang memiliki visual berbasis vektor, tidak mungkin pecah visualnya meski diperbesar berbeda dengan Photoshop yg berbasis Bitmap. Software Illustrator ini biasa digunakan untuk membuat logo, ilustrasi, iklan yang membutuhkan visual besar seperti papan reklame, hingga beragam desain untuk kemasan pada produk.

Corel Draw

Corel Draw merupakan salah satu aplikasi bundle Corel Graphic Suit yang dikembangkan oleh Corel. Muncul sebagai pesaing Adobe Illustrator, Corel Draw juga aplikasi yang berbasi vektor atau garis 2D.

Corel Draw memiliki ragam fitur desain vector dengan penggunaan yang cukup mudah. Kamu bisa mendesain logo ataupun ilustrasi, lalu mengeksportnya ke beragam jenis format file. Secara default, Coreldraw memiliki format file CDR.

Corel Paint

Corel Paint juga merupakan aplikasi yang tergabung dalam Corel Graphic Suit yang dikembangkan oleh Corel. Corel Paint berfungsi untuk edit gambar ataupun foto yang berbasis Bitmap, sama seperti Photoshop dari Adobe. Namun, dikarenakan fiturnya yang tidak sebaik Photoshop, Corel Paint tidak begitu banyak digunakan.

Corel Paint memiliki fungsi-fungsi dasar yang harus ada di sebuah aplikasi foto editor. Semisal, seleksi, color enchantment, contrast, brightness, hue/saturation dll.

Canva
Canva lebih dikenal sebagai tools untuk membuat CV. Namun, Canva juga dapat kamu fungsikan untuk membuat header email, presentasi hingga infografis blog. Tampilan Canva cukup mudah dipahami oleh pemula sekalipun. Hal inilah, yang menyebabkan Canva masih menjadi primadona bagi desain grafis awam dalam mendesain.

Canva memiliki banyak keuntungan dalam mengelola desain kamu. Kamu bisa mengakses Canva melalui komputer dan perangkat apapun. Canva juga memiliki ribuan template yang bisa kamu pilih untuk kebutuhan desain kamu.

Namun, Canva tidak cocok untuk digunakan dalam proyek yang lebih kompleks dikarenakan keterbatasan fungsi.

Edit foto online dengan Canva. (Canva)

Vectr

Vectr merupakan software freeware gratis dalam mendesain berbasis vektor. Vectr memiliki tampilan antarmuka yang simple dan dapat mengekspor file secara real time.

Kamu dapat berbagi desain kamu pada perangkat yang berbeda secara mudah dengan Vectr. Dan juga kamu dapat mengkoneksikannya dengan Wordpress.

Sketch

Sketch merupakan salah satu software alternatif yang dimiliki oleh MacOS. Software Sketch dapat kamu gunakan untuk kebutuhan desain UI (user interface) pada produk aplikasi maupun website.

Kamu dapat mendesain icon, ilustrasi, logo, user flow, dan kebutuhan UI lainnya untuk aplikasi ataupun website kamu. Sketch hadir sebagai software saingan dari Adobe Illustrator yang menawarkan keefisienan harga.

Nah, itulah rekomendasi aplikasi desain grafis yang dapat kamu gunakan dalam membuat desain gambar ataupun vector. Kamu dapat memilih salah satunya maupun mengkombinasikan semuanya untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Kontributor: Jeffry francisco

BACA SELANJUTNYA

4 Aplikasi Convert PDF ke Word di PC